Ini Dia Cara Memilih Furnitur Jati Berkualitas

Sudah menjadi rahasia umum bahwa furnitur jati memiliki kualitas kelas wahid. Meskipun harganya terbilang tinggi, nyatanya banyak orang cerdas yang tetap memilih furnitur berbahan jati ini dengan alasan pertimbangan usia pemakaiannya. Artinya, kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk membeli sebuah furnitur jati, akan terbayar dengan usia pemakaiannya yang terbilang lebih lama dari furnitur kayu biasa. Namun apakah setiap bahan jati akan menjamin kualitas usia pakainya? Tentu saja tidak. Dalam memilih furnitur ini, Anda pun harus memerhatikan beberapa aspek. Berikut sedikit ulasan singkatnya.

Perhatikan Lubang
Dalam memilih furnitur berbahan jati yang berkualitas, Anda harus memerhatikan ada atau tidaknya lubang di setiap permukaannya. Mebel jati berkualitas, memiliki permukaan yang mulus tanpa lubang. Lubang pada kayu jati biasanya menandakan adanya serangga trocoh yang pernah tinggal di dalam kayu tersebut. Serangga ini biasanya membuat kayu jati lebih rapuh dari dalam.

Finishing
Cobalah meraba furnitur tersebut. Jika permukaannya tidak bergelombang dan halus, maka itu adalah cirifinishing mebel yang baik. Lihat pula ratanya finishing pada permukaan kayu, pastikan pori kayu terlapisi dengan sempurna.

Ketahanan
Bila furnitur yang Anda beli berupa  kursi atau tempat tidur, cobalah terlebih dahulu. Pastikan pengerjaannya simetris sehingga tidak goyang. ketidaksimetrisan produk mebel, bisa mengakibatkan tekanan yang tidak merata pada tumpuannya sehingga produk jati lebih cepat rusak.

Nah, itu tadi tiga tips singkat yang bisa membantu Anda mendapatkan produk jati berkualitas prima. Butuh referensi desain interior? Temukan beragam buku panduan desain interior terbitan Esensi yang akan membantu Anda di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *