Enam Cara Jitu Membangun “Jaringan Bisnis”

jaringan-bisnis

Ingin mulai berbisnis, atau malah sedang merintis bisnis baru? Coba aplikasikan tips berikut, dijamin bisa menambah rasa percaya diri Anda dalam membangun jaringan bisnis yang luas. Selamat Mencoba!

Ingatkan diri: Jangan Malu
Bahkan wanita karir sekelas Karren Brady saja mengakui masih sangat sulit menemukan cara yang tepat untuk membangun network. Namun menurutnya bila kita sudah memulainya, kita akan sadar betapa produktifnya membuat network. Jadi lakukanlah, jangan malu. Bicaralah pada banyak orang dan biarkan mereka mengenal Anda.

Kesempatan ada dimana-mana
Bicaralah pada setiap orang yang Anda temui, bahkan yang tidak anda kenal sekalipun. Jangan membatasi hubungan hanya di lingkungan bisnis saja. Di toko buku, supermarket, bahkan di kereta. Anda tak pernah tahu apa yang akan Anda temui. Berbicara dengan banyak orang secara tak langsung juga membangun percaya diri Anda. Percayalah, ini akan membantu karir Anda.

Selalu tersenyum
Jangan pernah meremehkan kekuatan “senyum”. Peter Handal, pengusaha sekaligus penulis buku “How To Win Friends And Influence People” menjelaskan bahwa senyum adalah kunci dari membangun network. “Orang akan lebih terbuka bila pada kita yang murah senyum, dibandingkan dengan orang yang bermuka masam,” terangnya.

Jadilah Pemberani
Kebanyakan wanita Amerika tidak takut menyampaikan rasa keberatan. Ini patut dicontoh, jadilah pemberani dalam hal penyampaian isi hati dan pikiran kita.

Hadapi penolakan

Jangan khawatir terhadap penolakan-penolakan yang Anda alami selama membangun network bisnis. Anggaplah penolakan itu sebuah pengalaman. Lebih baik ditolak, daripada kehilangan kesempatan bertemu seseorang yang menarik untuk diajak berbisnis.

Tetap jaga hubungan
Sudah berhasil membangun beberapa jaringan bisnis. Usahakan tetap menjaga hubungan baik dengan orang-orang tersebut. Sebisa mungkin, ingat namanya. Sebab Anda tidak tahu, suatu hari mungkin akan butuh bantuannya. (CF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *