Hal yang Perlu Kita Tahu Sebelum Minta Naik Gaji!

Hal yang Perlu Kita Tahu Sebelum Minta Naik Gaji

Kenaikan gaji adalah hak setiap pegawai yang sudah menyumbangkan banyak jasa bagi perusahaan. Masalahnya, menegosiasikannya bisa jadi sangat sulit. Anda tak ingin meminta terlalu banyak dari yang sepantasnya diberikan, namun susah juga bila terlalu sedikit atau bahkan tidak sama sekali. Lalu bagaimana caranya agar Anda dan perusahaan sama-sama nyaman. Esensi berikan win-win solutionuntuk Anda,

Memahami cara sistem penghargaan perusahaan

Banyak perusahaan mencoba mengaitkan kenaikan gaji dengan tingkat kinerja. Jika penilaian kinerja tahunan Anda sangat penting, maka Anda seharusnya memahami bagaimana penilaian itu dibuat. Siapakah pihak yang penting untuk dibuat terkesan, dan apa yang akan membuat mereka terkesan? Nah, dari sinilah Anda harus mulai mencari tahu.

Memahami bagaimana Anda dinilai oleh bos dan perusahaan
Dalam hal ini, ada dua poin penting yang harus Anda ketahui:

1. Semakin sulit Anda untuk digantikan dan semakin banyak ‘kerusakan’ yang akan terjadi jika Anda pergi, akan menjadikan diri Anda semakin dinilai tinggi.

2. Semakin tinggi keinginan Anda untuk mempertahankan posisi, semakin rendah perusahaan akan menilai Anda. Orang-orang yang high maintenance akan membuang lebih banyak energi manajemen karena mereka mengeluh, merusak, sulit untuk bekerja sama, membutuhkan supervisi, tidak dapat dipercaya, dan butuh untuk digantikan karena mereka sering sakit, dan sejenisnya.

Menilai Leverage Anda

Ini salah satu yang terpenting. Coba tingkatkan leverage Anda (kekuatan negosiasi). Anda harus kuat dalam membuat persepsi bahwa ada kemungkinan Anda meninggalkan perusahaan. Misalnya perubahan situasi personal yang dapat membuat Anda mengevaluasi kembali karier Anda (contohnya menikah atau hamil), jarak yang jauh ke tempat kerja, kekurangan uang (tapi bukan karena Anda buruk dalam membina keuangan pribadi), atau sedang menabung untuk sesuatu seperti rumah atau apartemen.

Sebab kebanyakan perusahaan tahu bahwa kenaikan gaji yang kecil akan menjadi penghambat motivasi.

Menilai Gaji Anda dan Hubungkanlah dengan Rekan Kerja

Manajer tahu bahwa pembandingan internal adalah sumber terbesar dari ketidakpuasan karyawan tentang gaji. Hal ini berarti mengetahui besaran gaji Anda dibandingkan teman-teman merupakan cara penting untuk menilai keinginan realistis Anda. Beberapa perusahaan mencoba merahasiakan gaji setiap karyawan. Tapi ada juga perusahaan yang memiliki sistem penggajian yang lebih terbuka.

Sekali lagi, cobalah untuk mengetahui seberapa banyak leverage atau kekuatan negosiasi yang Anda miliki, sebelum Anda membuat diri Anda terlihat konyol (itu yang paling bagus) atau membuat diri Anda dipecat (itu yang terburuk) saat Anda menegosiasikan kenaikan gaji. (RA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *