6 Prinsip Memperkokoh Kepribadian Anak Anda

Banyak orang mengatakan hal terpenting yang dapat orang tua lakukan terhadap anaknya adalah mencintainya. Ya, tentu itu tidak salah. Semua orang tua mencintai anaknya. Namun, ternyata cinta saja tidak cukup untuk membentuk anak menjadi pribadi yang baik atau sempurna sesuai keinginan orang tua.

Lalu, apa yang bisa dilakukan orang tua?

Hal pertama yang paling penting adalah memberikan anak-anak rasa percaya diri dan kemapanan. Kedua karakter ini nantinya memungkinkan mereka untuk mendapatkan sendiri sifat-sifat lain yang mereka butuhkan. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan untuk memperkokoh dunia anak dan membantu mereka mendapatkan kepercayaan diri.

1) Buatlah batasan-batasan yang tetap.
Ini berguna untuk mengajarkan kedisiplinan pada anak.

2) Gunakan kata “tidak” dengan bijaksana.

Anda harus konsisten jika sudah berkata tidak, jangan sampai menimbulkan kebingungan pada anak.

3) Imbalan lebih baik daripada hukuman.

Perhatikan bahwa imbalan dan sogokan tidaklah sama. Sogokan biasanya diberikan agar anak menghentikan suatu perbuatan atau rengekan.

4) Pujian lebih baik daripada kecaman.
Namun, berhati-hatilah dengan sasaran pujian Anda dan terkadang pujian juga dapat memberikan tekanan.

5) Pastikan anak-anak mengetahui kelebihan mereka sendiri.

Ini dapat dilakukan dengan memberikan mereka tantangan-tantangan yang Anda yakin dapat mereka capai. Ingatkan juga bahwa Anda pun tidak selalu sempurna dan setiap anak adalah pribadi yang istimewa.

6) Hubungan Anda dan pasangan adalah contoh bagi anak.

Jangan sampai Anda dan pasangan berselisih paham di depan anak, apalagi sampai bertengkar. Tunjukkan bahwa Anda adalah orang tua yang kompak. (YAP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *