Ketika Bayi Mulai Belajar Merangkak

Selama 12 bulan pertama, Anda akan melihat bayi Anda tumbuh dari bayi mungil menjadi anak yang mulai merangkak, berguling, berdiri, atau bahkan berusaha berjalan. Pada tahap ini perkembangan fisik dan mental anak-anak terjadi pada tingkat yang paling tinggi. Anda akan melihat dan mengalami masa-masa yang paling menakjubkan dari perkembangan anak Anda.

Agar bayi Anda dapat bergerak dengan bebas dan kecakapan motoriknya berkembang secara bertahap, pastikan rumah Anda aman untuknya. Hal itu sangat penting untuk meminimalkan risiko cedera pada anak. Berikut tips yang dapat Anda lakukan:

1. PASANG KARPET ATAU ALAS BERMAIN yang dapat membuatnya bergerak dengan bebas dan aman. Perhatikan permukaan alas bermain; cari yang teksturnya tidak akan menyakiti kulit bayi yang masih halus. Jangan lupa membersihkan karpet atau alas bermain tersebut sebelum bayi Anda bermain di atasnya. Singkirkan juga
benda-benda yang berbahaya atau yang mungkin akan dimasukkannya ke dalam mulut, seperti bros pakaian kerja Anda, gunting, peniti, karet penghapus, dsb.

2. PASANG PAGAR DI UJUNG ATAS ATAU BAWAH TANGGA. Tindakan ini untuk mencegah bayi merangkak ke bawah atau ke atas tangga, yang mana itu sangat berbahaya. Lebih baik jauhkan area bermainnya dari wilayah tangga. Namun, jika kondisi rumah Anda tidak memungkinkan, memasang pagar pembatas di tangga belum cukup. Anda atau orang dewasa lainnya harus mengawasi sejauh mana si bayi bergerak.

3. PINDAHKAN PERABOTAN YANG TIDAK KOKOH. Bayi Anda mungkin akan merobohkannya saat berpegangan pada perabotan itu. Maka, jauhkan area bermainnya dari ruangan yang penuh perabotan berisiko atau jauhkan perabotan berisiko itu dari area bermainnya.

4. ANTISIPASI SETIAP GERAKAN BAYI. Anda mungkin tidak tahu kapan persisnya bayi Anda mulai berguling atau berusaha berdiri. Oleh sebab itu bayi Anda harus senantiasa diawasi, baik itu di karpet bermainnya, di ranjang, alas ganti popok, maupun sofa. Bahkan, pada usia 6-10, bayi Anda memasuki tahap di mana ia bisa merangkak dengan cepat. Jika Anda lengah sebentar saja, ia mungkin sudah berpindah jauh. (FRU)

Disarikan dari Ensiklopedia Kesehatan Wanita oleh DR SARAH JARVIS, MA, BM, BCH, DRCOG, FRSCGP dan tim dokter wanita kelas dunia (Penerbit Esensi, 2012)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *