Tips Membeli Sepatu Pertama Si Kecil

Pemilihan sepatu pertama pada bayi yang baru saja bisa berjalan ternyata memiliki persyaratan khusus. Orang tua ternyata harus mempertimbangkan berbagai faktor yang membuat bayi nyaman saat memakainya.

Menurut dr. Jane Collins dalam ¬†bukunya Children’s¬†Medical Guide, sepatu pertama bayi haruslah dibeli dengan ukuran yang akurat. Untuk itu hindari membeli sepatu dengan sol yang keras dan kaku. Pastikan pula solnya antislip dengan lapisan lembut yang terdapat di bagian dalam sepatu.
Collins menekankan agar orang tua mementingkan faktor kenyamanan bayi. Langkah pertama dalam proses belajar berjalannya pun harus dilalui dengan hati-hati.

Pertama, bayi akan lebih mudah belajar berjalan dengan bertelanjang kaki. Untuk itu pada proses pertama biarkan ia melakukan kontak langsung dengan permukaan tempatnya berpijak. Dengan kontak langsung ini, bayi akan merasa stabil dan percaya diri dalam proses melangkah.

Kedua, berikan ia banyak kesempatan untuk bereksplorasi secara aman dengan bertelanjang kaki. Kedua tahapan inilah yang nantinya akan membuat langkah bayi stabil dan percaya diri bila tiba saatnya kita membelikannya sepatu pertama. (CF)

Sumber: Ensiklopedia Kesehatan Anak, dr. Jane Collins, Penerbit Erlangga, 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *