Mengenal Sejarah Pasta

Berbicara tentang pasta, pasti kita akan langsung mengaitkannya dengan Italia. Makanan yang satu ini, selama ini memang dikenal sebagai makanan olahan yang digunakan pada masakan italia. Ya, terlepas dari mana sesungguhnya makanan ini berasal, “Pasta” memang pertama kali populer di negara ini.

Kata “pasta” sendiri memang berasal dari bahasa Italia “Pasta Alimentare” yang berarti adonan bahan makanan. Jika diartikan dalam arti luas, berarti bisa dimaknai sebagai adonan dari semua jenis makanan. Seperti roti, pastry, dan cake. Namun, dalam bahasa Italia, pasta di sini dimaknai sebagai bahan makanan seperti mi atau pasta sciutta. Jika ditelisik lebih jauh, nama “pasta” juga dipercaya berasal dari bahasa Yunani yaitu “pastos” yang berarti adonan. Bahkan, dalam mitologi Yunani disebutkan, Dewa Vulcan tengah membuat adonan dari gandum, lalu membentuknya menjadi setipis benang (menyerupai mi), dan membagikannya untuk dikonsumsi orang-orang.

Lalu, dari mana sesungguhnya pasta berasal?

Setidaknya ada dua teori populer yang menjelaskan tentang sejarah kemunculan “pasta” di negera pizza ini. Teori pertama menjelaskan, bahwa pasta pertama kali diperkenalkan di Itali oleh Marcopolo selepas kunjungannya dari negeri tirai bambu (Cina). Kebiasaan orang Cina mengonsumsi mi sejak 3000 SM diyakini sebagai pendukung utama teori atau pendapat ini. Namun kemudian, sebuah penelitian menyebutkan bahwa para prajurit di Genoa-Italia, telah mengonsumsi pasta kering sejak tahun 1279. Sementara Marcopolo baru tiba di Italia dari kunjungannya di Cina pada tahun 1295.

Sedangkan teori kedua menjelaskan bahwa pasta berasal dari Arab-Eropa. Sejarah menyebutkan bahwa pada abad ke-3 telah ditemukan jenis pasta yang terbuat dari gandum dan disajikan lengkap bersama saus, di jasirah Arab tepatnya di Palestina. Hingga kemudian berkembang luas ke seluruh daratan Arab pada abad ke-9. Peradaban bangsa Arab yang melakukan perjalanan ke negera lain turut menyebarkan makanan atau kuliner mereka. Termasuk pasta yang mulai masuk dan dikenal di negera Spanyol dan Italia pada abad ke-15. Dari sinilah pasta semakin berkembang dengan berbagai jenis dan bentuk serta resep yang berbeda hingga menyebar ke seantero dunia.

Itulah sejarah singkat awal mula kemunculan dan kepopuleran “Pasta”. Anda bisa mengetahui lebih dalam tentang seluk-beluk makanan yang satu ini melalui buku Seri Hidangan Populer: Pasta terbaru dari Penerbit Erlangga. Terdapat pula beragam menu pasta yang bisa Anda praktekkan, lo.

Anda bisa mendapatkan buku ini di toko-toko buku terdekat atau kunjungi www.bukuerlangga.com untu melakukan pemesanan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *