Yuk, Saling Menghargai

3081710010

Kode Buku : 3081710010

ISBN : 9786026847461

Penulis : YUGHA ERLANGGA

Ambar dan kawan-kawan tinggal di Desa Bhinneka Jaya, desa yang penuh keberagaman. Mereka semua saling menghargai satu sama lain dan hidup rukun bertenggang rasa, sesuai dengan Pancasila sila pertama. Ingin tahu bagaimana Ambar dan kawan-kawannya? Ayo, simak dan ikuti keseruan aktivitas dalam buku ini!

Ini merupakan buku pertama dari seri buku Belajar Pancasila yang berfokus pada pengamalan Pancasila sila ke-1. Buku ini berisi narasi dengan pendalaman karakter masing-masing tokohnya untuk mempererat kedekatan siswa dengan pesan moral yang disampaikan. Selain itu, terdapat beragam aktivitas pada bagian akhir buku sebagai bentuk latihan pemahaman isi buku dengan pendekatan metode saintifik. Diharapkan, informasi ini dapat membangun jiwa nasionalis siswa menjadi insan Indonesia yang kokoh dengan nilai-nilai luhur bangsa. Buku pertama ini juga mengenalkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada siswa. Buku ini mengenalkan kepada siswa nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan bertanggung jawab.

Buku yang disusun dengan bahasa yang sederhana ini dilengkapi dengan:

  • Materi yang Sesuai Kurikulum PKn Sekolah Dasar;

Materi makna simbol-simbol Pancasila sebagai acuan siswa untuk mengingat dan mengenali simbol-simbolnya secara utuh. Dilengkapi dengan materi sejarah pembentukan Pancasila yang disederhanakan agar siswa dapat dengan cepat mendapat poin-poin penting dalam pemikiran setiap tokoh.

  • Narasi dan Ilustrasi yang Menarik;

Narasi yang berisi adegan-adegan yang sangat akrab dengan kehidupan siswa sehari-hari dikisahkan melalui ilustrasi tokoh-tokoh yang menarik, memungkinkan siswa untuk menikmati jalan cerita dan terilhami pesan-pesan di dalamnya.

  • Tokoh dengan Representasi yang Mendalam;

Setiap tokoh sentral dalam seri buku ini merepresentasikan elemen-elemen sosial yang terdapat di masyarakat Indonesia secara luas. Keenam anak tersebut masing-masingnya menggambarkan kultur dan asimilasi, ideologi agama dan kepercayaan, serta pendidikan moral keluarga yang unik dan dapat dijadikan pelajaran menarik bagi pembaca.

  • Ikhtisar Butir Pengamalan Sila Pancasila;

Setiap kisah dari masing-masing buku ditutup dengan ikhtisar butir-butir pengamalan tiap sila, yang memungkinkan siswa untuk membaca keras bersama atau mencocokkan kembali tiap butirnya dengan praktik dalam cerita.

  • Lembar Aktivitas Siswa;

Lembar aktivitas untuk membantu siswa memahami materi lebih dalam. Menggunakan metode saintifik 5M (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, dan Mengomunikasikan) yang disempurnakan dengan penguatan nilai-nilai pendidikan karakter. Aktivitas mencakup mengamati lingkungan masyarakat sekitar, teman, keluarga, kondisi di lingkungan tempat tinggal, mengeksplorasinya lebih lanjut, ditunjang dengan teknik diskusi dan mencari solusi untuk diceritakan di depan umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *