Seluk Beluk Menulis

DI dalam buku ini, Ada dapat lebih memahami seluk beluk dunia penulisan dan penerbitan buku. Juga agar Anda menyadari bahwa semua orang bisa menerbitkan buku, so make your book comes true!

SELAIN itu, di buku ini membahas langkah demi langkah pembuatan buku hingga proses cetak dan distribusi buku itu sendiri.

Pada bagian 1 ‘Pengenalan Program’ berlangsung dalam beberapa modul. Tiap tahapannya membimbing Anda bisa menghasilkan sebuah karya. Dalam setiap kelompok tema, kita akan belajar membuat jenis buku-buku tertentu.

Jika Anda merasa mampu menyusun buku itu sendiri, itu lebih baik. Tetapi jika tema dirasakan terlalu  berat, carilah beberapa teman yang memiliki beberapa kesamaan denganmu dan bentuklah sebuah kelompok penulis.

Dalam setiap modul, usahakan untuk menghasilkan paling tidak sebuah tulisan yang bisa Anda kumpulkan. Ini dijadikan bukti bahwa Anda memiliki progress dalam menyelesaikan buku Anda.

Membuat buku itu mudah? Jawabannya bisa iya bisa tidak. Tergantung kepada siapa kita bertanya. Tidaka da cara baki dalam membuat buku. Setiap orang boleh jadi memiliki cara sendiri yang unik dalam membuat buku. Siapa saja bisa membuat buku, asal punya kemauan, pasti bisa membuat buku.

Gaya Belajar untuk Menulis Efektif dibahas di Bagian 2. Terdapat jalinan kompleks Antara pembelajaran and kecerdasan. Kecerdasan merupakan konsep yang fleksibel, serta dapat tumbuh dan berkembang secara berbeda-beda. Hal ini kemudian menumbuhkan pemahaman bahwa orang yang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda.

Alangkah baiknya bila kita mengetahui gaya belajar seperti apa yang tepat untuk mendukung proses belajar kita. Dibagian ini, ada lembaran penilaian untuk mengetahui gaya belajar Anda. Apa Anda termasuk tipe pembelajar visual, tipe pembelajar auditori, tipe pembelajar kinestetik, atau seimbang gabungan di Antara ketiganya tidaklah menjadi alasan penghambat dalam merealisasikan penerbitan buku.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita menulis. Hernowo Hasim, motivator membaca-menulis yang terkenal menjelaskannya di Bagian 3 ‘ Keuntungan dan Tahapan Penerbitan Buku’. Selain itu, pada bagian ini, penulis mengurai satu persatu keuntungan yang kita dapatkan dari kegiatan menulis atau membuat buku dalam tiga ranah: keuntungan pribadi, keuntungan keorganisasian (kelembagaan), dan keuntungan kolektif.

Menulis Cerita dan Puisi dikupas di Bagian 4. Ada contoh cara menyusun rencana cerita. Pada dasarnya, setiap orang punya cerita. Entah cerita nyata maupun rekayasa, entah yang dialami langsung sendiri maupun sekedar diketahui. Namun tidak semua orang mampu membingkai cerita itu menjadi cerita yang menarik untuk dibaca.

Sebaiknya, sebelum menulis kita terlebih dahulu mengindentifikasi masing-masing unsur instrinsik yang akan digunakan dalam cerita. Ini bertujuan agar banyak penulis pemula yang belum terbiasa menulis terhindar  dari kehabisan ide untuk melanjutkan cerita. Perencanaan yang jelas akan memudahkan kita dalam mengembangkan cerita.

Pembahasan ‘Menulis Artikel Opini’ dijelaskan di Bagian 5. Dalam menulis opini/artikel ilmiah popular, kita perlu memerhatikan komposisi tulisan. Djuroto dan Supriadi dalam buku yang berjudul Menulis Artikel dan Karya Ilmiah (2002), terdapat empat bagian dalam komposisi tulisan.

Dalam menulis opini, setidaknya ada beberapa aspek yang ahrus diperhatikan seseorang penulis agar tulisannya memiliki peluang besar untuk diterbitkan.

Selanjutnya, Menulis Buku Jenis Lain diuraikan di Bagian 6, diantaranya menulis buku panduan (How To), menulis buku ajar, menulis buku catatan perjalanan, menulis buku humor, menulis buku keagamaan, membuat buku komik, dan menulis buku biografi.

Diakhiri di Bagian 7 dijelaskan mengenai Langkah-langkahPembuatan Buku Penulis mengingatkan, Anda butuh konsistensi untuk menyelesaikan buku Anda. Penuli juga menyarankan bagi Anda yang masih belum terbiasa membuat buku, lebih baik Anda ikuti penjelasan dan tahapan satu persatu dalam bagian ini.

JUDUL: WUJUDKAN TULISANMU MENJADI BUKU
PENULIS: AHMAD FAIZIN KARIMI
PENERBIT: ESENSI
TERBIT: 2018
TEBAL: VIII+158 HALAMAN
Resensi Buku Harian Fajar Makassar, Minggu, 13 Januari 2019, Wujudkan Tulisanmu Menjadi Buku, Kolom Pustaka hal. 11

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *