Investasi bagi Mahasiswa untuk Pengalaman Berbisnis saat Kuliah

3. INVESTASI MENTAL

Kalau yang terakhir ini adalah investasi yang pasti akan dilakukan seluruh pengusaha, hanya saja waktunya saja yang berbeda-beda. Investasi yang satu ini menekankan pada pembelajaran mental yang lebih tangguh, baik dalam hal komitmen usaha atau sikap pantang menyerah. Apa investasi ini bisa membuatmu antigagal saat membangun bisnis nanti?

 

Tidak.

 

Tapi, seperti yang sudah dikatakan tadi, ini investasi yang pasti dilakukan semua pengusaha, karena setiap pengusaha selalu punya peluang untuk gagal. Jadi, investasi ini akan membantumu untuk bangkit saat gagal, dan berpikir inovatif untuk kembali merangkak setelah jatuh.

Gagal bukan berarti akhir dari perjalanan bisnismu! Jangan-jangan kamu justru menetas lebih dulu daripada telur lainnya dan siap terbang saat yang lain mulai menetas nanti?
Sumber: Pixels.com

Investasi mental ini bisa kamu lakukan dengan mencoba memulai bisnis, dengan berlandaskan dua poin investasi sebelumnya, secara bertahap. Baik itu bisnis franchise  yang bisa kamu ajak kerja sama; menjalankan bisnis musiman melalui jaringan terkait, seperti pengadaan kaos sablon, perlengkapan Masa Pengenalan Akademik, atau menjadi pialang penyewaan mobil; atau mencoba menjalankan bisnis fast-moving seperti berjualan pulsa atau sarapan pagi preorder. Evaluasi setiap pilihan yang kamu lakukan, lalu cobalah kembangkan bisnis kecilmu itu. Jika gagal? Ambil satu poin dan masukkan ke dalam portofolio pengalaman bisnismu, karena tidak semua orang bisa berkesempatan mencoba sebanyak kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *