Tetap Sehat Saat Perayaan Imlek

Imlek merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat keturunan Tionghoa. Kegiatan yang dilakukan biasanya adalah berkumpul bersama keluarga setelah melaksanakan ibadah. Sudah bukan rahasia lagi jika perayaan Imlek atau tahun baru China akan membuat kita menemui beragam makanan khas yang tentu tidak bisa dilewatkan, diantaranya yaitu Mie Goreng, Ikan Bandeng, Ayam atau bebek, Babi, Telur, Yu Sheng (Salad sayur dan buah), Kue mangkok, Kue keranjang, lapis legit, Jiaozi (dim sum), Manisan Segi delapan, dan jeruk.
Makanan-makanan khas imlek tersebut memiliki filosofi tersendiri yang sangat dipegang teguh oleh masyarakat keuturunan Tionghoa. Filosofi dari setiap makanan diyakini akan menambah keuntungan-keuntungan bagi yang memakannya. Dan karena itu, setiap orang yang merayakan Imlek pastinya tidak akan melewatkan makanan-makanan khas Imlek untuk disantap.
Tahukah anda, pakar kesehatan berkata jika perayaan pada hari raya Imlek bisa membuat tubuh kita mengalami kenaikan berat badan secara drastis. Bahkan, banyak orang yang mengaku berat badannya naik hingga setengah atau satu kilogram setelah merayakan imlek. Kita tentu harus mampu membatasi diri agar tidak mengkonsumsi berbagai makanan lezat khas Imlek dengan tidak terkontrol.
Pada malam Tahun Baru Imlek atau Sin Tjia, Anda akan dihadapkan dengan meja makan yang penuh aneka makanan lezat dan menggugah selera. Tak perlu ragu mengkonsumsi makanan yang cenderung sehat layaknya sayur-sayuran saat perayaan Imlek. Sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral tentu akan sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, jika terdapat nasi merah atau roti gandum dalam perayaan Imlek, maka kita juga tidak perlu ragu mengkonsumsinya mengingat kedua jenis makanan ini memiliki kandungan serat yang sangat baik bagi saluran pencernaan. Pilihlah cara masak yang menyehatkan, seperti direbus, dikukus, dipanggang atau digoreng dengan sedikit minyak untuk mengurangi jumlah lemak.
Hindari pemberian bahan penyedap tambahan, serta masak bahan makanan yang masih segar dan memiliki kualitas yang baik. Utamakan konsumsi makanan organik dan bahan makanan yang terbebas dari cemaran 4P (Pestisida, Pewarna, Perasa, Pengawet non alami). Perayaan imlek tentu kurang lengkap tanpa adanya masakan daging-dagingan yang lezat dan menggoda. Tapi, tunggu dulu, alih-alih memilih daging sapi atau daging babi yang kaya akan kandungan lemak dan kolesterol, ada baiknya kita memilih bahan daging dari ikan atau produk laut lainnya. Selain itu, cobalah untuk mengkonsumsi air putih saja alih-alih mengkonsumsi minuman yang manis-manis. Kendalikan selera makan Anda dengan baik.
Perhatikan porsi makanan dan pilihlah porsi yang kecil dengan komposisi sayur dan buah yang lebih banyak dari pada daging dan nasi atau mi. Jangan terlalu banyak mengambil dessert, pilihlah salad buah atau salad sayur yang lebih menyehatkan. Selain itu, cobalah sebisa mungkin menghindari minuman beralkohol yang tentu sangat tidak baik bagi tubuh. Ingat bahwa esensi dari perayaan tahun baru Imlek adalah untuk berkumpul dengan keluarga, bukan hanya untuk mencicipi berbagai makanan khas Imlek yang lezat. Dengan tetap menjaga tubuh dengan sehat, kita tentu akan memiliki kesempatan lebih besar menikmati perayaan tahun baru Imlek berikutnya dengan kondisi tubuh yang tetap sehat, bugar, dan prima.
Untuk melengkapi perayaan imlek mu, yuk pesan produk-produk sehat alami dari enatura di website belanjaorganik.com. Informasi pemesanan bisa melalui Wa di 0819 3206 2906.
Konsumsi pangan sehat saat perayaan Imlek untuk memberikan banyak keberuntungan dan kesehatan bagi keluarga Anda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *