5 Cara Ampuh Mengenalkan Olahraga pada Anak

Mengenalkan olahraga pada anak sedari dini secara tidak langsung dapat membantu perkembangan mental dan fisik anak. Olahraga tidak hanya melatih motorik anak tetapi mengenalkan kepada kerja-sama tim, semangat pantang menyerah dan menyelesaikan apa yang dimulai sampai selesai.

Selain itu, olahraga juga memberikan mengajarkan si Anak untuk berkomunikasi, mengambil keputusan, komitmen, memperbaiki suasana hati (mood), dan meningkatkan rasa percaya diri.

Bahkan para ahli juga setuju bahwa olahraga juga bisa menjadi pelepasan buat anak untuk menyalurkan energi dan daya kreasinya secara lebih positif. Namun tak semua anak-anak menyukai olahraga, bahkan 6 dari 10 anak lebih suka bermain smartphone untuk mengisi waktu luangnya. Lantas bagaimana cara untuk membuat anak-anak gemar berolahraga?

Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

  1. Orang Tua Harus jadi Panutan

Orangtua adalah teladan bagi anak, seperti pepatah “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.”Mama dan Papa harus menjadikan dirinya sendiri sebagai contoh untuk hidup sehat dan aktif. Manjaga asupan gizi dan olahraga teratur. Sebab selain anak akan mengikuti kebiasaan positif tersebut, Mama dan Papa juga menjadi semakin meningkat kualitas hidupnya. Olahraga bersama juga sekaligus dapat menjadi bonding-time.

  1. Buat Hari Olahraga Keluarga

Ajak anak untuk mendiskusikan kapan waktu olahraga bersama-sama keluarga.Beri kesempatan si Anak untuk mengemukakan pendapatnya dan mengambil keputusan. Ketika ia ikut ambil bagian dalam mengambil sebuah keputusan, dirinya tidak akan merasakan paksaan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Sekaligus, Mama dan Papa secara tidak langsung dapat mengajarkan komitmen kepadanya.

  1. Ajak Anak Bermain di Taman

Walaupun olahraga penting untuk dilakukan oleh anak tapi jangan sampai anak merasa tertekan melakukannya. Salah satu cara mengenalkan olahraga pada anak dengan cara yang fun adalah mengajak anak bermain ke taman di luar rumah. Ada banyak aktivitas di taman, begitu juga anak-anak lainnya.

  1. Ajak Anak untuk Jalan Sehat di Acara Amal

Saat ini banyak kegiatan jalan atau lari untuk amal, ajaklah anak mama untuk ambil bagian. Kegiatan amal merupakan media bagi Mama dan Papa mengajarkan empati kepada anak-anak. Selain itu juga mengajarkan anak untuk membuat perencanaan untuk mengatur target dan mencapai tujuan. Apalagi saat ini kegiatan jalan atau lari sedang menjadi tren.

  1. Gali Minat Olahraga sang Anak

Perkenalkan anak pada bermacam-macam olahraga. Melihat langsung pertandingan olahraga, menonton pertandingan di televisi, membicarakan kegiatan-kegiatan olahraga atau tokoh-tokoh terkenal di bidang olahraga, mendorongnya masuk tim olahraga akan membangkitkan minat anak. Olahraga memberikan efek kecanduan yang positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *