Stop Bekerja Mendekati Bulan Kelahiran!

Calon ibu yang masih bekerja hingga mendekati bulan kelahiran ternyata cenderung melahirkan bayi dengan berat bedan rendah, sebuah penelitian baru menyebutkannya.

Penelitian ini bahkan menyebutkan, efek seorang ibu yang terus bekerja hingga mendekati kelahiran sama bahayanya dengan merokok selama hamil.

“Wanita yang bekerja hingga bulan kesembilan kehamilan memiliki bayi rata-rata sekitar setengah pon lebih ringan dari mereka yang berhenti kerja saat kehamilan masih berusia enam sampai delapan bulan,” jelas salah satu peneliti Professor Marco Francesconi.

Penelitian yang dilakukan ilmuwan dari University of Essex ini dilakukan berdasarkan analisis dari tiga penelitian sebelumnya di Inggris, dan Amerika.

Pada penelitian sebelumnya juga telah ditunjukkan bayi dengan berat lahir rendah memiliki resiko tinggi kesehatan yang buruk dan perkembangan yang lambat, dan mungkin menderita dari berbagai masalah di kemudian hari.

Untuk itu, Marco menyarankan para calon ibu agar mengambil waktu istirahat kira-kira dua sampai satu bulan sebelum melahirkan. “Ini baik bagi keduanya, ibu dan anaknya,” tutup Marco.(CF)..

Sumber foto : www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *