Berenang Olahraga Paling Tepat Bagi Penderita Artritis

Berenang ternyata bisa menjadi solusi latihan sederhana untuk penderita penyakit autoimun seperti lupus, artritis rematoid, hingga penderita sindrom sjogren.  Menurut ahli kesehatan tulang dan sendi dr. Nurhan Sutcliffe, olahraga ini bisa sangat bermanfaat karena berada di dalam air dapat mengurangi rasa tegang pada sendi. Rasa tak nyaman yang biasa dialami penderita artritis, atau lupus.
Selain meredakan rasa tegang, penderita penyakit autoimun memang diharuskan melakukan olahraga sebagai salah satu cara agar sendi tetap aktif. Sebab menurut Nurhan otot-otot seputar sendi pada penderita penyakit autoimun sangat rentan dan lemah bila tak dilatih secara teratur. Meskipun demikian, Nurhan tetap menyarankan penderita tetap membatasi kegiatan agar tidak membahayakan sendi dan otot.
Penyakit autoimun adalah penyakit yang menyerang tubuh sendiri. Lebih sering menyerang wanita dan kebanyakan belum diketahui penyebabnya. Sebagian besar jenis penyakit ini memperlemah sendi , sehingga olahraga teratur dan menjalani gaya hidup sehat, seperti tidak merokok dan makan makanan cukup gizi bisa mengurangi keparahannya. (CF)

Sumber: Ensiklopedia Kesehatan Wanita, dr. Sarah Jarvis dan Tim Dokter Wanita Kelas Dunia, Penerbit Erlangga, 2011

Sumber foto : www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *