Dua Masalah Umum Rambut

Rambut yang terlalu sering dicatok, atau dikeringkan dengan hair dryer biasanya akan bermasalah. Terlebih bila dalam keseharian Anda memang terbiasa menata rambut dengan berbagai gaya.

Hairstylist ternama dari Los Angeles Michael Shaun Corby, membeberkan dua masalah umum rambut yang sering ditata berikut jalan keluarnya.

Rusak Karena Obat Kimia
Terlalu banyak perawatan kimia, seperti pewarnaan dan pelurusan hanya membuat kelemban alami rambut hilang, dan membuatnya kusam dan rapuh.

Cara mengatasinya:
Lakukan steam rambut sekali seminggu, agar kulit kepala terbuka dan membuat kondisioner meresap dengan maksimal. Sementara untuk perawatan di rumah gunakan kondisioner dengan ekstra protein ke seluruh permukaan kepala. Kemudian gunakan handuk panas untuk membungkus kepala kurang lebih lima menit.

Rusak karena suhu panas
Biasanya bersumber dari alat catok, hairdryer, ataupun sinar matahari. Semua sumber panas itu menutup kulit kepala, namun membuat korteks terbuka. Saat korteks kepala kering tak ada pilihan lain untuknya selain menyerap kelembaban dari udara, ini menyebabkan rambut kusut.

Cara mengatasinya:
Keringkan rambut secara alami, bila memang harus menggunakan pengering rambut, gunakan suhu paling rendah dan gunakan sejauh mungkin dari rambut. Kemudian gunakan pelindung rambut bila ingin mencatoknya.(CF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *