Halau Kantuk Saat Bekerja

ngantuk

Penyebab yang utama dari mengantuk saat bekerja adalah kondisi tubuh yang tidak fit. Mungkin Anda sedang tidak enak badan atau terlalu lelah, karena sudah berhari-hari lembur atau ada tanggungjawab di luar pekerjaan yang menyita tenaga dan waktu istirahat Anda. Selain itu, mungkin semalam Anda bergadang karena harus berpesta sampai subuh dalam perayaan ulangtahun seorang teman. Bahkan, Anda pun dapat diserang kantuk setelah makan siang.

Apa pun penyebabnya, tak ada orang yang ingin terlihat malas di mata atasan maupun rekan-rekan kerjanya. Nah, berikut tips yang mungkin dapat membantu Anda mengenyahkan kantuk itu, setidaknya sampai waktu istirahat tiba atau jam kerja usai.

1. Manfaatkan cahaya terang. Hadapkan wajah Anda pada cahaya yang menyilaukan, lebih mujarab jika itu cahaya matahari. Jam tubuh Anda akan bekerja lebih baik jika terpapar pada cahaya yang terang. Lebih baik lagi jika Anda dapat keluar dari ruangan kantor dan berjemur elama 1 menit dengan menghadap sinar matahari atau langit.

2. Basuh muka dengan air dingin. Air yang menyentuh wajah dan sensasi dingin yang mengagetkan akan membuat Anda kembali terjaga. Jangan lupa untuk membasahi bagian depan dan belakang leher dan telinga Anda.

3. Hindari makanan berminyak atau mengenyangkan. Saat Anda sarapan dan makan siang, hindari makanan cepat saji, makanan yang berlemak, dan yang berkarbohidrat tinggi. Semua itu akan membuat Anda mengantuk ketika bekerja.

4. Minum Kopi. Kafein yang terkandung di dalamnya sudah terkenal mujarab untuk menghalau kantuk. Namun, Anda yang memiliki masalah-masalah kesehatan tertentu sebaiknya menghindari yang satu ini.

5. Minum Vitamin. Jika Anda sudah tahu bahwa kondisi tubuh Anda sedang tidak fit, konsumsi sebutir vitamin atau minuman energi. Tapi, tetap diingat bahwa ini tidak boleh dilakukan secara terus menerus selama berhari-hari.

6. Dengarkan Musik. Cara yang satu ini dapat dikatakan cara yang paling aman dan menyenangkan. Pilih musik yang menghentak dan berirama cepat, atau yang membuat Anda ingin menggoyangkan tubuh. Tapi, waspadalah, siapa tahu klien atau atasan memanggil Anda.

7. Berjalan-jalan di seputar kantor. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengurus sesuatu dengan rekan kerja atau departemen lain di ruangan berbeda. Lakukan dengan berjalan kaki dan jangan ragu untuk menggunakan tangga, alih-alih lift. Dengan demikian, otot-otot dan jantung Anda akan bekerja untuk memanaskan tubuh Anda, dan menghalau kantuk.

8. Berbicara dengan seseorang. Berbicara dengan seseorang membuat otak Anda berpikir dan mencerna. Selain itu, otak belakang Anda pun akan terpakai ketika Anda melakukan gerakan-gerakan yang tidak disadari saat berbicara. Anda bisa berdiskusi dengan rekan kerja atau atasan Anda, asalkan tidak mengganggu kesibukan mereka.

Namun, yang perlu Anda ingat bahwa waktu tidur ideal adalah pada malam hari, selama 7-8 jam. Berolahragalah secara teratur, konsumsilah makanan yang sehat, banyak minum air putih, dan kendalikan stres Anda. Sedapat-dapatnya jangan sampai terbiasa bergadang, minum obat tidur, terlalu banyak mengonsumsi kafein, minum alkohol secara berlebihan, atau gaya hidup tak sehat lainnya. (FRU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *