Memanfaatkan Cuti Melahirkan

Cuti melahirkan merupakan kesempatan besar untuk mempersiapkan diri menjelang kelahiran bayi Anda.

1) Luangkan waktu untuk beristirahat. Walaupun tampaknya tidak ada waktu yang cukup untuk menyelesaikan daftar panjang pekerjaan Anda, sangat penting untuk menghemat energi menjelang kelahiran dan minggu-minggu setelahnya.

2) Mempersiapkan tas untuk dibawa ke rumah sakit, atau apa pun yang mungkin diperlukan untuk kelahiran di rumah.

3) Membuat daftar semua orang yang ingin Anda hubungi setelah melahirkan.

4) Menyiapkan persediaan obat-obatan alami untuk membantu Anda melewati persalinan dan sesudahnya. Pilihan yang bagus adalah obat homeopati Arnica 30c untuk luka memar dan mempercepat penyembuhan, Kali phos 30c untuk kelelahan (selama dan setelah persalinan), Calendula 30c untuk penyembuhan setelah episiotomi, dijahit, atau operasi Caesar, dan Aconite 30c untuk syok dan trauma. Minyak lavender dapat dihirup selama persalinan untuk merelaksasi dan menenangkan. Jangan lupa pula siapkan obat-obatan pribadi Anda.

5) Menyiapkan makanan dalam kulkas. Tidak ada yang lebih baik daripada memiliki makanan sehat yang siap saji ketika Anda disibukkan oleh bayi serta tidak memiliki waktu dan energi untuk menyiapkan makan malam.

6) Pastikan baju-baju dan keperluan bayi lainnya sudah dicuci dan urutkan baju baru bayi sesuai ukuran sehingga Anda tak perlu mencari-cari dalam tumpukan untuk menemukan baju yang cocok.

7) Siapkan berita kelahiran bayi Anda, alamat, amplop dan prangko, atau rancanglah suatu karya yang dapat dikirim melalui email, di mana Anda hanya perlu menambahkan foto bayi dan detail lainnya di saat terakhir menjelang dikirim.

8) Lakukan manikur, pedikur, atau pijat. Tidak hanya waktu yang akan menjadi terbatas setelah bayi Anda lahir, mungkin juga uang! Ambillah kesempatan untuk memanjakan diri dan membuat diri Anda merasa lebih baik.

9) Menghasilkan sesuatu yang kreatif, misalnya mengecat kamar bayi, menyulam bantal kecil atau gambar, membuat bumper untuk tempat tidur bayi, memulai buku catatan kehidupan sehari-hari bayi, atau menulis surat kepada bayi Anda untuk dimasukkan ke dalam kotak kenang-kenangan. Ini adalah sentuhan pribadi yang memuaskan dan sangat berharga untuk tahun-tahun mendatang.

10) Makan siang dengan teman dan keluarga. Mungkin perlu beberapa waktu sebelum Anda bisa pergi keluar lagi setelah Anda menjadi orang tua dan menikmati kebersamaan dengan bayi Anda di rumah yang nyaman. (Df)
Dikutip dari buku Ensiklopedia Kehamilan Hari Demi Hari terbitan Esensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *