5 Hal Menakjubkan saat Janin dalam Kandungan

Tahukah bunda bahwa di masa kehamilan, janin yang dikandung akan mengalami beberapa hal penting berkaitan dengan beberapa inderanya yang mulai berkembang. Berikut beberapa hal unik yang terjadi pada janin dalam kandungan bunda.

Mengecap Rasa

Janin akan bisa merasakan air ketuban dalam rahim bunda ketika memasuki usia 16  minggu. Pada usia kehamilan inilah indera pengecapnya mulai mengalami perkembangan.

Peka Terhadap Cahaya

Bayi akan peka terhadap rangsangan cahaya dari luar ketika usia kehamilan menginjak angka 4 bulan. Rahim bunda yang membesar akan membuat cahaya dari luar lebih mudah ditangkap oleh janin dalam kandungan, bayi akan menunjukan gerakan menjauhi cahaya ketika sumber cahaya benar-benar mengarah pada area wajahnya.

Indera Peraba

Saat usia janin menginjak angka 4-5 bulan, janin akan peka terhadap keadaan sekitar. Air ketuban yang menyelimuti janin akan sangat terasa pada kulit janin di usia ini.

Bayi Mulai Bisa Mendengar

Saat kehamilan berada pada usia 6 bulan,  bayi dalam kandungan mulai bisa mendengar rangsangan suara bahkan dari luar rahim sang ibu. Suara-suara seperti gerak peristaltik usus bunda hingga suara dari kegiatan yang bunda lakukan, akan bisa terdengar oleh janin dalam kandungan.

Stres

Bayi pada usia kehamilan 6 bulan, akan lebih berpotensi mengalami stres. Maka, sangat disarankan untuk menjauhkan janin dari keadaan bising dan keadaan mengganggu lainnya yang berpotensi menimbulkan stres. Janin yang mengalami stres dalam kandungan, akan berpotensi menimbulkan pecah ketuban lebih awal dan air ketuban yang kotor sebab gerak janin akan lebih intensif saat mengalami stres.

Semoga bermanfaat Bunda. [DS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *