Rasa Kantuk Berlebihan saat Hamil

Rasa kantuk berlebih banyak dialami wanita hamil terutama pada saat trimester pertama kehamilan. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan jumlah hormon progesteron dalam tubuh wanita yang sedang hamil. Akan tetapi, terkadang penyebabnya pun cukup kompleks. Tidak hanya sekadar masalah peningkatan hormon, gangguan fisik pada tubuh wanita yang sedang hamil pun dapat memicu rasa kantuk berlebih ini muncul.

Gangguan tubuh seperti anemia merupakan gangguan yang paling banyak menyebabkan rasa kantuk di trimester pertama kehamilan. Anemia sendiri banyak penyebabnya, antara lain kelelahan dalam beraktivitas serta kurangnya asupan zat besi  dalam makanan yang kita konsumsi.

Anda memang perlu berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah Anda terkena gangguan yang satu ini. Pasalnya, untuk bisa mendapatkan hasil yang seakurat mungkin, perlu diadakan pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar hemoglobin dalam darah serta kualitas sel darah merah Anda.

Sebagai upaya pencegahannya, Anda dapat mengupayakan asupan makanan bernutrisi dengan banyak mengonsumsi protein dari daging, telur, atau kacang-kacangan serta menjadwalkan jam tidur malam yang efektif yakni selama 8 jam. Dengan demikian, kombinasi tidur berkualitas dan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh, dapat menjauhkan Anda dari efek kantuk berlebih saat kehamilan yang terkadang mengganggu aktivitas Anda. [DS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *