Stop Mengecat Rambut saat Hamil!

Masa kehamilan merupakan masa yang paling dinanti-nantikan saat berkeluarga, terutama bagi pasangan baru yang untuk pertama kalinya mengalami masa ini. Biasanya, berbagai pertanyaan akan muncul seputar hal-hal yang boleh atau tidak boleh ibu hamil lakukan dalam masa kehamilannya. Pasalnya, setiap pasangan akan berlomba-lomba melakukan prosedur terbaik untuk menjaga tumbuh-kembang janin di dalam rahim sang ibu.

Berbagai mitos serta fakta pun banyak menyeruak seputar masa kehamilan, tak terkecuali masalah pemakaian obat rambut oleh wanita hamil. Pertanyaannya, apakah Anda termasuk orang yang suka bergonta-ganti warna rambut dengan produk pewarnaan rambut? Jika iya, agaknya Anda harus mulai waspada dengan kebiasaan ini selama kehamilan. Permasalahan ini sebenarnya sudah lama ramai diperbincangkan oleh berbagai pihak. Namun, kepastian tentang boleh-tidaknya pemakaian produk pewarna rambut dalam masa kehamilan selalu simpang siur. Terlepas dari pro-kontra tersebut, perlu kita ketahui pada dasarnya wanita hamil memang sangat diperingatkan untuk menghindari kontak dengan sesuatu yang mengandung logam berat. Mungkin hal inilah yang menjadi pro-kontra seputar pemakaian obat pewarna rambut pada wanita hamil mengingat tak semua kandungan pewarna rambut mengandung zat tersebut. Akan tetapi, jumlah obat pewarna rambut yang mengandung bahan coal tar atau zat arang lebih banyak jumlahnya. Zat inilah yang dikhawatirkan akan memberikan dampak buruk bagi janin sehingga wanita hamil perlu waspada.

American Association of Cancer Research (AACR) menyebutkan salah satu dampak yang berpeluang besar ditimbulkan dari kontak langsung dengan zat arang dalam obat pewarna rambut adalah serangan kanker. Tubuh wanita lebih banyak menghasilkan sel karsinogen sehingga tubuhnya lebih riskan terkena dampak ini. Para ahli menyarankan penggunaan obat pewarna rambut pada trimester kedua kehamilan karena pada fase ini pertumbuhan organ ogonesis pada janin telah berada pada fase selesai. Akan tetapi, keputusan untuk menggunakan produk pewarnaan atau tidak tetap berada pada diri kita masing-masing. Ada baiknya jika penggunaan produk pewarnaan rambut dikonsultasikan kepada ahli. Sebab, setiap manusia memiliki kadar ketahanan tubuh yang bervariasi, belum lagi setiap manusia juga memiliki kadar alergi produk yang berbeda-beda. [DS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *