10 Gejala Umum Demensia Alzheimer’s

  1. Gangguan daya ingat
    Sering lupa akan kejadian yang baru saja terjadi, lupa janji, menanyakan dan menceritakan hal yang sama berulang kali, lupa tempat parkir di mana (dalam frekuensi tinggi), dan lain-lain.
  2. Sulit fokus
    Sulit melakukan aktivitas dan pekerjaan sehari-hari, lupa cara memasak, lupa cara mengoperasikan alat elektronik sehari-hari, tidak dapat melakukan penghitungan sederhana ataupun bekerja dalam waktu yang lebih lama.
  3. Sulit melakukan kegiatan yang familiar
    Seringkali sulit untuk merencanakan atau menyelesaikan tugas sehari-hari, bingung cara mengemudi, sulit mengatur keuangan, sulit membuat resep masakan yang sering dibuat, dan lain-lain.
  4. Disorientasi
    Bingung akan waktu (hari, tanggal, bulan, dan tahun yang penting), bingung di mana mereka berada dan bagaimana mereka sampai di sana, tidak tahu jalan pulang ke rumah.
  5. Kesulitan memahami visuospasial
    Kesulitan membaca, mengukur jarak, menentukan jarak, membedakan warna, mengenali wajah, menuang air, dan kegiatan-kegiatan yang mengandalkan organisasi kemampuan visual dan spasial.
  6. Gangguan berkomunikasi
    Kesulitan berbicara dan mencari kata yang tepat, seringkali berhenti di tengah percakapan, dan kerap bingung untuk melanjutkan pembicaraan.
  7. Menaruh barang tidak pada tempatnya
    Lupa di mana meletakkan sesuatu, bahkan curiga ada yang mencuri atau menyembunyikan barang tersebut.
  8. Salah membuat keputusan
    Berpakaian sembarangan atau tidak serasi, tidak mampu memperhitungkan pembayaran dan bertransaksi yang tepat, tidak dapat merawat diri dengan baik.
  9. Menarik diri dari pergaulan
    Tidak memiliki semangat atau inisiatif untuk melakukan aktivitas atau hobi yang biasa dinikmati, tidak semangat berkumpul dengan teman atau kerabat yang dicintai.
  10. Perubahan perilaku dan kepribadian
    Emosi berubah drastis, mudah bingung, curiga, depresi, takut, atau tergantung berlebihan kepada anggota keluarga, mudah kecewa dan putus asa baik di rumah maupun dalam pekerjaan.

Sumber: www.alzheimerindonesia.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *