Bulan Alzheimer’s Sedunia

Kesadaran masyarakat saat ini tentang penyakit Alzheimer’s dan demensia masih sangatlah minim. Karena itu, dibutuhkan penyebarluasan informasi dan pemahaman masyarakat luas terhadap Alzheimer’s, baik dari segi penyebab terjadinya Alzheimer’s hingga dampaknya bagi kehidupan penderita dan keluarga pengidap Alzheimer’s dan demensia. Hal inilah yang memotivasi dibentuknya Bulan dan Hari Alzheimer’s Sedunia.

Tahukah Anda bahwa bulan September adalah Bulan Alzheimer’s Sedunia? Bulan Alzheimer’s Sedunia dicanangkan oleh organisasi nonprofit Alzheimer’s Disease International (ADI) pada tahun 2011 untuk mengampanyekan kesadaran masyarakat global mengenai penyakit Alzheimer’s dan demensia atau kepikunan. Puncak pemusatan upaya kampanye organisasi Alzheimer’s seluruh dunia ini dilakukan pada Hari Alzheimer’s Sedunia tanggal 21 September setiap tahunnya.

Penyakit Alzheimer’s dan demensia adalah penyakit gangguan mental yang disebabkan oleh sel-sel perusak yang menyerang jaringan otak hingga kemampuan kerja otak satu per satu menghilang. Saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan Alzheimer’s dan akibatnya dapat berujung pada kematian. Pengaruh Alzheimer’s dan demensia tidak hanya merenggut kehidupan penderitanya, namun juga keluarga dan orang-orang terdekat penderitanya.

Menginjak tahun keempat, program Bulan Alzheimer’s Sedunia pada September tahun 2016 kini bertemakan “Remember Me”. Tema ini bertujuan untuk mendukung masyarakat seluruh dunia untuk belajar mengenali tanda-tanda munculnya demensia sekaligus untuk mengingatkan kita kepada orang-orang tersayang yang saat ini mengidap demensia atau orang-orang terkasih yang telah meninggal karena penyakit kerusakan fungsi mental ini. Kampanye Bulan Alzheimer’s Sedunia juga berupaya keras untuk menghilangkan kesalahan informasi dan bahaya stigma masyarakat terhadap pengidap Alzheimer’s dan demensia.

Sumber: http://www.alz.co.uk/world-alzheimers-month

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *