Lagu dan Kepribadian Anak, Apa Hubungannya?

anak dan musik

Jika selama ini kita hanya menganggap musik sebagai sarana hiburan dan pelepas penat, kita salah. Karena nyatanya, musik erat kaitannya dengan psikologis manusia. Sebuah penelitian dari Nara University of Education, Jepang, telah menyebutkan bahwa kepribadian seseorang bisa dipengaruhi oleh berbagai hal. Termasuk oleh genre musik dan lirik lagu, pilihan buku, dan teman-teman yang dia miliki.

Musik yang kita ketahui sebagai fitur universal kebudayaan manusia telah terbukti memiliki pengaruh terhadap psikologis. Sebuah lagu tertentu dapat mempengaruhi aktivitas struktur limbik dan paralimbik yang ada di otak. Inilah yang kemudian memicu terpancingnya emosi manusia saat mendengarnya.

Musik yang kita dengarkan bisa membuat kita menjadi sosok yang lebih baik atau bahkan lebih buruk. Ketika kita mendengarkan musik dengan lirik lagu yang positif dan kita menyukainya, maka kita akan cenderung memiliki sifat altruistik. Sebaliknya, jika yang kita dengarkan adalah musik dengan lirik lagu yang mengarah pada hal-hal negatif atau sesuatu yang kita benci, bisa jadi kita akan berperilaku egois.

Menurut para ahli, lagu anak yang baik adalah lagu yang mencakup semua aspek tujuan pembelajaran pada anak, yang intinya mengajarkan budi pekerti. Anak-anak yang gemar menyanyikan lagu bertemakan cara berperilaku terpuji, akan cenderung memiliki kepribadian yang lebih baik. Karena lagu yang diingatnya akan sering menjadi inspirasi mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Nah, agar Anda lebih paham tentang lagu anak dan pengaruhnya terhadap tumbuh kembang anak, alangkah baiknya jika Anda segera memiliki Buku Belajar Karakter Dengan Lagu dari Erlangga For Kids. Buku ini bisa menjadi teman yang cocok bagi Anda untuk mengenalkan dunia musik pada anak. Dengan buku ini Anda bisa belajar bahwa karakter anak bisa dibentuk oleh musik dan lagu. Karenanya, sebagai orangtua Anda harus cerdas dalam memilih lagu untuk anak.

Buku ini bisa Anda dapatkan di toko buku terdekat, atau kunjungi www.bukuerlangga.com untuk pemesanan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *