Kegagalan Tidak Berujung Runtuhnya Usaha Anda

Memiliki jiwa kewirausahaan mungkin sudah dimiliki dari awal. Tetapi, bagaimana jika kita takut akan kegagalan yang nantinya akan menimpa bisnis kita? Tentu ini menjadi salah satu pertanyaan yang ditakuti bagi Anda yang ingin memulai sebuah usaha. Bagaimana pun juga, kegagalan merupaka awal dari kesuksesan. Kegagalan bisa menjadi sebuah kunci utama bagi Anda untuk meraih kesuksesan.

Melalui kegagalan, Anda bisa lebih banyak belajar dalam berwirausaha. Mungkin ada kesalahan saat pertama kali mencoba memulai usaha, sehingga Anda gagal. Tancapkan pada diri anda bahwa itu tidak menjadi masalah. Semua usaha tentu pasti melewati sebuah kegagalan. Tidak ada usaha yang langsung melesat begitu saja. Melalui kegagalan pun, anda bisa mencoba beradaptasi pada keadaan, baik keadaan ekonomi secara global atau metode pemasaran yang ada.

Anda juga bisa mengadopsi filosofi “coba, dan coba lagi”. Dengan begitu, anda dapat belajar dengan cepat melalui respon atau umpan balik pelanggan. Mungkin terlihat melelahkan untuk terus mencoba. Namun tidak ada salahnya untuk terus-menerus mencoba dan memperbaiki kesalahan sebelumnya. Dengan begitu, anda dapat berupaya untuk menyukseskan usaha Anda. Dan jangan menyerah! Tanamkan pada diri anda bahwa menyerah bukanlah sebuah pilihan. Sangat sia-sia jika anda memilih untuk menyerah setelah semua energi, kerja keras, bahkan modal sudah dikeluarkan dalam jumlah yang besar.

Selain itu, anda perlu memandang baru arti sebuah kegagalan. Maksudnya, ubahlah pandangan anda mengenai kegagalan. Mungkin untuk beberapa saat, kegagalan merupakan hal yang buruk dalam hidup anda dan membuat anda terpuruk. Namun, banyak wirausahawan yang dapat mengubah pandangan tersebut. Bagaimana wirausahawan mengubah kegagalan menjadi kesuksesan? Mereka memiliki bakat untuk melihat kegagalan sebagai sebuah peluang atau tantangan. Begitulah seharusnya cara pandangan anda terhadap kegagalan saat ini.

Memang, kegagalan dalam usaha masih menjadi ketakutan no. 1 yang membelenggu calon wirausahawan. Seorang pebisnis Amerika, Henry Ford, mengatakan, Kegagalan hanyalah kesempatan untuk memulai lagi, namun kali ini harus lebih cerdas. Anda harus lebih banyak belajar lagi dalam menekuni bidang kewirasuhaan dengan banyak belajar dari kegagalan, karena kegagalan dapat membantu anda untuk mulai menata diri anda dalam berwirausaha. Buku Wirausaha Saja!, akan membantu kita untuk belajar bagaimana membangun karakter wirausahawan. Melalui buku ini kita akan dibekali dengan tata cara perencanaan, langkah awal, manajemen, hingga pemasaran usaha sehingga kita dapat memulai dan membangun wirausaha tanpa harus salah langkah atau kehilangan minat di tengah jalan sehingga menyebabkan kegagalan.(Safira)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *