100 Ide Untuk Guru SD: Pekerjaan Rumah

Pekerjaan rumah (PR) selalu jadi topik yang agak kontroversial. Kerap terjadi perdebatan mengenai dampak nyata metode ini, khususnya di satuan pendidikan dasar. Apa PR benar-benar berpengaruh bagi pembelajaran dan perkembangan anak, ataukah sekadar sampingan yang justru menambah beban tugas guru dan menciptakan ketegangan di rumah? Untuk itu, buku ini hadir untuk mengajak Anda kembali berkontemplasi mengenai esensi dari PR, yakni memperkuat pemahaman materi yang diberikan di kelas dengan konteks kehidupan nyata, serta bukan tugas yang berat bagi orang tua, anak-anak, bahkan guru itu sendiri! Karena, guru hebat seperti Anda tentu paham bahwa PR tidak diciptakan untuk mengurung siswa di rumah, tapi untuk memantapkan komitmen dan ekspektasi siswa dan keluarga bahwa belajar dapat dilakukan di mana saja, bukan?

Buku ini menyajikan ide-ide yang dapat membantu para guru SD dalam menyajikan PR yang ramah keluarga, sarat dengan penguatan pendidikan karakter, kecakapan hidup, hingga perilaku sehat dan sejahtera bagi siswa. Guru dapat mengimplementasikan, memvariasikan, bahkan mengkreasikan ide-ide dalam buku ini sebebas-bebasnya sesuai kebutuhan. Buku ini bersifat penyegar, karena sejatinya guru sudah dibekali dengan kompetensi dan pengetahuan yang memadai untuk memaksimalkan potensi PR dalam kegiatan belajar dan perkembangan akademik anak.

 Keunggulan produk:

  1. Panduan cetak biru untuk PR yang ramah bagi siswa dan keluarga bagi guru yang menyadari merosotnya esensi dari PR dari mendukung komitmen belajar siswa menjadi penindasan jam bebas, yang sejatinya juga dapat mendukung terbentuknya karakter sosial dan kreativitas.
  2. Solusi Pragmatis atas Kebijakan Polemik Penghapusan bagi guru yang masih percaya bahwa “PR”, atau apa pun sebutannya, masih dapat bermanfaat dan dijalankan dengan cara yang menyenangkan, cocok untuk waktu kebersamaan bagi keluarga, serta mengokohkan minat, bakat, dan kreativitas siswa.
  3. Mengupas tuntas setiap idenya hingga ke konsep dan tujuan praktik setiap ide untuk mengimplementasikan PR yang ramah anak dan keluarga, demi memudahkan pembacanya untuk berkreasi tanpa mengurangi esensi dari ide itu sendiri.
  4. Seri unggulan Bloomsbury yang sarat akan pengembangan kompetensi pedagogik di Inggris.
  5. Disertai “contoh” kreasi ide yang dapat guru ciptakan dari ide-ide yang disajikan melalui fitur Pengembangan Ide dan Ide Bonus.
  6. Disertai tips pengajaran agar ide yang ada dapat dijalankan tanpa hambatan.

 

Spesifikasi

  • Kode buku: 3083710200
  • ISBN: 9786237478010
  • Penulis: JENNA LUCAS
  • Ukuran: 15.00 cm x 23.00 cm
  • Berat: 185.20 gr
  • Halaman: 136 Halaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *