7 Alasan untuk Tidak Membiarkan Anak Bermain di Air Banjir

4. Banyak batu, selokan, dan lubang tersembunyi

Ketika hal di atas dapat menyebabkan anak-anak dan orang dewasa kehilangan pijakan atau mencederai pergelangan kaki. Dalam kasus yang lebih buruk, mereka bisa pingsan dan tenggelam.

 

5. Menjadi tempat kembangbiak nyamuk

Banjir dapat membuat kolam kecil menjadi tempat berkembangbiak alami untuk nyamuk, yang dapat membawa virus west nile. Hati-hati anak-anak yang bermain di kolam kecil yang terjadi pada waktu banjir.

 

6. Mengandung limbah Kimia

Limbah mentah penuh kuman mengandung penyebab penyakit mikro-organisme seperti e coli, giardia, cryptosporidium, hepatitis A, dan kolera. Jika anak sedang terluka, maka luka di daerah tubuh anak menjadi terinfeksi oleh air yang terkontaminasi. Limbah dapat berisi urine dan feses (kotoran), produk sanitasi seperti pembalut wanita maupun kertas toilet.

 

7. Saluran pipa dan lubang selokan

Selama banjir saat air surut, saluran pipa dan lubang got menjadi perangkat isap yang kuat, yang dapat mengisap anak-anak atau orang dewasa dalam sekejap. Mereka dapat terisap di bawah permukaan air dangkal. Anak-anak dapat tersedot ke dalam mulut pipa drainase yang tersembunyi dan tenggelam. Bahkan tubuh bisa terbawa ke sampai ke laut atau danau. [Prayogo]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *