5 Camilan Sehat untuk Ibu Hamil

Saat hamil nafsu makan meningkat? Ingin makan ini-itu tetapi ragu apakah boleh atau tidak? Jangan khawatir mom, pasalnya camilan sehat berikut bisa Anda jadikan alternatif saat Anda berada di masa kehamilan.

Kacang Mete

Camilan ini selain gurih juga memiliki kandungan yang baik. Protein di dalamnya berperan dalam membantu pertumbuhan janin serta zat besi guna mengatur sirkulasi sel darah merah. Selain itu, kacang mete ini kaya serat sehingga ibu hamil akan terhindar dari risiko sembelit. Porsi yang disarankan bagi ibu hamil kurang lebih satu setengah sendok makan perhari.

Puding

Konsumsi puding dengan campuran susu rendah lemak bisa menjadi alternatif kedua bagi ibu hamil. Banyaknya serat yang terkandung dalam puding, akan menjadi solusi sembelit yang biasanya menjadiproblem kebanyakan ibu hamil.

Salad

Potongan halus sayuran seperti kol, wortel, atau selada dapat Anda mix dengan berbagai dressingpenambah cita rasa seperti madu, yogurt, dan minyak zaitun. Hindari penggunaan mayonaise yang bisa meningkatkan risiko obesitas pada diri Anda. Salad dengan dressing madu atau yogurt akan memenuhi kebutuhan vitamin harian yang diperlukan ibu hamil. Bahan dasar salad pun bisa Anda variasikan dengan berbagai macam buah.

Telur

Menjadikan telur sebagai camilan ternyata kaya manfaat. Kandungan vitamin D dalam telur mampu meningkatkan sistem imun ibu hamil. Yang perlu diperhatikan, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi telur mentah atau setengah matang. Pastikan telur yang dikonsumsi direbus dengan matang.

Biskuit Gandum

Biskuit gandum rendah kalori akan mengenyangkan ibu hamil. Selain itu, biskuit gandum yang rendah kalori akan menekan risiko obesitas pada ibu hamil. Yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi biskuit adalah dengan porsi yang tepat.  Tiga sampai lima keping biskuit perhari bisa Anda jadikan takaran camilan biskuit yang baik. [DS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *