Jangan Salah Paham, Ini Manfaat Dunia Digital untuk Anak

Satu hal yang tidak bisa untuk kita semua pungkiri bahwa pada era ini gadget atau peralatan elektronik merupakan ha yang sangat lumrah untuk di temukan, setiap elemen mengerti dan tahu bagaimana cara untuk menggu akan teknologi digital tersebut. Namun dari semua itu hal yang sangat membuat sebagian bahkan semua orang merasa miris yaitu anak kecil lebih mengerti dari orang dewasa tentang penggunaan alat digital tersebut.

Ini di sebabkan karena anak merupakan Generasi digital dan orang tua hanya sebagai imigran digital, anak-anak generasi masa kini merupakan generasi digital notive yaitu mereka yang sudah mengenal media elektronik dan digital sejak lahir. Berbeda dengan orang tua yang hanya sebagai imigran digital yang dimana sejak mereka lahir belum ada peralatan elektronik dan digital , yang membat mereka harus di tuntut untuk mengerti dan paham akan perkembangan zaman khusunya pada era digital ini.

Lantas apa manfaat dunia digital untuk anak?

  1. Memudahkan Komunikasi antar Orang Tua dan Anak

Sangat jelas sekali bahwa perkembangan teknologi sangat berperan penting dalam telekomunikasi. Orang Tua dapat membangun komunikasi yang intensif dengan anak dengan memanfaatkan perangkat digital seperti telefon dan pesan daring.

  1. Melatih Anak untuk Berfikir Kritis

Dengan berkembangnya teknologi, orang tua dapat melatih anak untuk befikir kritis tentang pelayanan public dengan memanfaatkan pelaporan online dalam website maupun aplikasi.

  1. Gudang Informasi

Anak akan sangat mudah mengakses informasi yang ingin mereka ketahui melalui internet, namun orangtua juga perlu mengarahkan anak kepada laman akses yang sesuai dengan kebutuhan anak.

  1. Akses Belajar Online

Anak dapat mempelajari sesuatu tanpa dibatasi ruang, jarak, dan waktu dengan memanfaatkan fasilitas pembelajaran online.

  1. Jejaring Sosial

Anak dapat memperluas pertemanan baik dengan kerabat maupun masyarakat luas. Seperti istilah yang sedang tren: yang jauh jadi dekat dan yang dekat jadi lebih dekat. [Prayogo]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *