Panduan Antinarkoba untuk Remaja

3083710140-panduan-antinarkoba-untuk-remaja

Penulis: DYAH UTAMI PUSPITARINI
Kode Buku: 3083710140
ISBN: 9786026847225
Harga: Rp.50.000,-

Narkoba adalah musuh bangsa Indonesia. Persebaran dan penyalahgunaan narkoba sangat marak merusak moral dan peluang remaja Indonesia untuk berprestasi. Karena narkoba, generasi muda bisa terpuruk dan tak mampu membangun negeri ini menjadi lebih baik ke depannya. Jalur distribusi narkoba menyelusup hingga ke tahap yang mencemaskan, siswa sekolah menjadi sasaran besar untuk menjadi pengguna coba-coba dikarenakan tren negatif yang seolah mengidentikkan narkoba dengan kehebatan tersendiri bagi remaja. Kesalahan arah remaja ini yang tidak dapat dibiarkan atau ditunggu hingga dampaknya muncul ke permukaan. Pencegahan dan pembekalan pemahaman para siswa dan remaja pada umumnya harus segera dibenahi, demi generasi penerus yang kelak akan membawa perubahan positif bagi bangsa dan negara yang kita cintai ini.

Buku ini berusaha untuk memberi pencerahan pada generasi penerus bangsa dan negara kita, anak muda Indonesia, untuk berperang melawan penyalahgunaan narkoba. Dibekali buku ini, para remaja akan siap untuk menghindari narkoba, dan membantu siapa pun yang mereka sayangi untuk terbebas dari jeratan narkoba yang berbahaya, sebelum segalanya terlambat.

Buku yang disusun dengan bahasa yang sederhana ini dilengkapi dengan:

  • Informasi Dampak, Pemicu, dan Solusi Penyalahgunaan Narkoba;

Buku ini tidak hanya menegaskan akan bahaya akibat penyalahgunaan narkoba, tetapi juga memberikan pemahaman bagaimana siswa berpeluang untuk terjerat dalam bahaya narkoba. Hal ini dipaparkan dari berbagai aspek. Mulai dari aspek internal, yaitu psikologis siswa di tengah pencarian jati dirinya, dan aspek eksternal dari lingkungan keluarga, teman sejawat, dan lingkungan sekitarnya. Dengan demikian siswa dapat lebih konkret memulai langkah pertamanya dalam misi menghindari narkoba, bukan sekadar menjauhi tanpa arah sambil tetap memendam rasa penasaran untuk mencobanya.

  • Prosedur Rehabilitasi atau Bantuan Tepat bagi Penyalah Guna;

Sebagai pelengkap, buku ini juga menambahkan alur awal untuk mendaftarkan diri mengikuti program rehabilitasi yang sekiranya diperlukan seandainya penyalahgunaan telah terlanjur terjadi. Tak lupa, dilengkapi pula dengan pemahaman akan hal-hal yang perlu dilakukan secara sikap dan ucapan untuk dapat menyakinkan penyalahguna agar mau menghentikan perbuatannya dan memulai rehabilitasi, agar siswa tidak terjerat dengan narkoba karena terpicu hasrat untuk membantu penyalahguna yang mereka kenal, namun dengan cara yang salah, seperti turut menyalahgunakan narkoba, atau melakukan tindakan yang melanggar hukum, seperti menjadi kurir atau menyimpankan narkoba.

  • Pembentukan Pemahaman Menjadi Remaja Sehat Berprestasi;

Sebagai solusi, buku ini juga menawarkan peluang-peluang positif bagi siswa untuk sehat dan berprestasi sebagai pilihan yang lebih menjanjikan bagi hidup mereka. Diharapkan setelah siswa memahami dengan baik bahaya narkoba dan penyebab seseorang memutuskan untuk mencoba dan akhirnya menjadi penyalah guna aktif, siswa dapat memulai untuk memikirkan langkah yang lebih penting untuk dibangun dari hidupnya, berlandaskan potensi dan bakat yang mereka miliki, untuk menjadi juara bagi hidupnya.

  • Ilustrasi dan Infografis yang Menarik;

Isi buku yang begitu padat dengan informasi dan deskripsi mengenai sejarah, dampak jangka panjang dan pendek, jenis per golongan dan jenis baru, serta pemahaman menghindari narkoba disajikan secara berimbang antara teks dan ilustrasi/infografis.

  • Kuis untuk Setiap Bab Pembahasan;

Buku ini juga dilengkapi dengan kuis ringan untuk menguji pembahasan siswa di tiap babnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *