Jangan Salah, Ini Tips Belajar yang Efektif untuk Anak

Banyak murid-murid sekolah di Indonesia masih menggunakan metode belajar yang kurang tepat. Setiap hari mereka cenderung duduk, mendengarkan, membaca dan mencatat penjelasan guru.

Murid-murid ini memang kelihatan duduk manis dan mendengarkan, tapi bukan karena antusias dengan materi pelajarannya. Melainkan, karena diteror oleh kurikulum.

Setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, terutama perihal pendidikan. Terkadang proses belajar membuat lelah, namun hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Hal yang sering terlupakan adalah, anak memerlukan konsep belajar yang efektif untuk mencapai hasil yang baik.

Namun, adakah cara yang benar-benar efektif untuk metode belajar sang anak? Berikut beberapa tips pilihan untuk anda.

  1. Mengungkapkan opini dengan kata-kata sendiri

Mintalah anak mengungkapkan opininya. Jangan minta mereka membaca buku, jangan minta mereka mengingat-ingat apa yang ditulis buku.

Minta mereka menjelaskan informasi yang baru saja didapat menggunakan kata-katanya sendiri. Hal ini sangat membantu informasi masuk ke memori jangka panjang karena akan memberikan kesan masuk akal bagi otak anak.

  1. Buat catatan dengan kata-kata sendiri

Setelah menjelaskan, sekarang anak-anak harus mencatat. Sebelum mencatat, mereka boleh buka buku kemudian memilih poin-poin yang dianggap penting.

Berdasarkan poin penting tersebut, anak harus menyusun catatan dengan menggunakan kata-kata sendiri. Ingat ya, menyusun catatannya tak boleh sambil baca buku!

  1. Belajar melalui Mind Mapping

Semakin beragamnya buku-buku pelajaran, membuat anak sulit untuk menghapal dan memahami pelajaran tersebut. Bapak Ibu dapat melakukan mind mapping, yaitu cara mengajarkan anak-anak dengan melakukan pemetaan terhadap apa yang telah mereka pelajari. Apa kelebihannya? Anak akan lebih mudah untuk menghafal dengan waktu yang lebih singkat!

  1. Belajar menggunakan Teknologi

Perkembangan teknologi saat ini membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah, juga pendidikan. Mengapa? Karena saat ini pembelajaran anak dapat diakses diberbagai sarana digital; internet, ebook, maupun pelajaran yang dapat ditonton di youtube. Selain akses mudah, metode ini juga tergolong hemat, dan ternyata hasilnya juga sangat efektif.

  1. Belajar Teratur

Jangan biarkan anak merasa tertekan selama belajar. Bapak dan Ibu dapat membiasakan anak untuk belajar  teratur, karena semua yang dilakukan secara teratur akan menjadi sebuah kebiasaan.  Dengan demikian, anak akan merasa terbiasa dan tidak tertekan atau bosan dalam belajar meski mereka sedang malas. Belajar teratur dapat diawali dengan membiasakan anak untuk membaca buku pelajaran dalam waktu tertentu setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *