Wajib Tahu! Ini Pentingnya Berfikir Kreatif di Era Digital

Sejatinya Revolusi Industri 4.0 adalah tren otomatis dan pertukaran data terkini dalam teknologi, istilah ini mencakup sistem siber fisik, internet of things. Saat ini, masyarakat Indonesia secara tidak langsung udah memasuki revolusi ini.

Dengan semakin berkembangnya revolusi industry 4.0, maka akan semakin diwajibkan juga sumber daya manusia di Indonesia yang dituntut semakin kreatif.

Tidak banyak yang tahu bahwa kreativitas sebenarnya membuat seseorang menjadi lebih baik karena cenderung menghasilkan sesuatu yang unik dan dapat mengubah perspektif kita. Kreativitas memungkinkan untuk melihat kehidupan dari sudut pandang yang berbeda sehingga dapat  membantu memecahkan masalah.

Berikut alasan lain mengapa kita membutuhkan pemikiran yang kreatif.

 

  1. Kreativitas menciptakan pemikiran yang positif

Menurut penelitian yang dilakukan di masa lalu, telah ditemukan hubungan yang kuat antara kreativitas dan suasana hati yang baik. Orang cenderung lebih kreatif ketika mereka bahagia karena dapat berpikir secara luas. Meningkatnya mood positif memungkinkan kita untuk melihat lebih banyak  solusi.

 

  1. Kreativitas membuatmu lebih kuat dan fleksibel

Ada orang yang menyukai apa yang kita buat dan ada pula yang tidak menyukainya. Namun, pada dasarnya semua manusia ingin disukai dan dikagumi atas apa yang  dilakukan, tetapi sebagai seniman kreatif, sulit untuk menerima penolakan atau tidak menyukai karyamu. Nah, disinilah dibutuhkan pemikiran kreatif. Kreativitas mengajarkan untuk menjadi tangguh, kuat dan fleksibel. Kreativitas mengajarkan kita tidak melarikan diri dari kritik, melainkan bangga dengan kegagalan karena kedua hal ini dapat membuatmu jauh lebih berkembang.

 

  1. Kreativitas membuat kita lebih menghargai proses

Kreativitas juga mengajarkan kita betapa pentingnya ‘proses’ daripada ‘hasil’. Dengan kata lain, membuat kita tidak berorientasi pada hasil; melainkan prosesnya. Sebagai pembuat konten, atau seniman kreatif, kita tidak boleh hanya fokus pada hasil akhir pekerjaan, tetapi juga pada kuantitas pertumbuhan dan kemajuannya. Terkadang apa yang kita inginkan tidak sesuai harapan, dan inilah mengapa kita harus berkonsentrasi pada proses daripada hasilnya.

 

  1. Kreativitas membuat kita memiliki tekad lebih kuat

Kita belajar berkorban dan bertekad untuk mencapai tujuan hidup melalui kreativitas. Sebagai seorang seniman kreatif, kamu tahu bagaimana rasanya terus bekerja bahkan ketika ketika tidak ada tuntutan sekalipun. Kamu akan terus melakukannya, bukan karena orang lain, namun dari diri sendiri. Kreativitas juga mengajarkan kita untuk terus meluangkan waktu dan upaya.

 

  1. Kreativitas menghubungkan semuanya

Kreativitas adalah seni membuat koneksi dan mengajarkan kita bahwa segala sesuatu di alam semesta terhubung. Dengan kata lain, kreativitas mengumpulkan ide-ide bersama dan menampilkannya dengan cara yang belum pernah ada. Salah satunya melihat sekeliling dan menjelajahi dunia di sekitar, semua yang dilihat dan didengar menjadi saling terkait sehingga dapat menciptakan sesuatu yang benar-benar baru. [Prayogo]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *