Ciptakan Montessori Sendiri di Rumah

Bunda memiliki anak yang masih kecil? Terutama balita? Sebagai orang tua, tentu bunda sangat begitu memperhatikan dan peduli akan pendidikan anak-anak kita. Bagaimana mereka akan hidup di masa dewasa nanti sangat dipengaruhi oleh pendidikan di masa kecilnya. Dengan stimulasi yang baik, semua bakat dan kecerdasan anak akan semakin terasah dan berkembang.

Metode Montessori mengajarkan kepada anak pentingnya semua mahkluk hidup. Selain belajar membaca, bahasa, dan matematika, anak juga akan belajar tentang budaya, hewan, dan tumbuhan. Pendekatan Montessori cocok untuk anak yang ingin merasakan lingkungan belajar sesuai dengan kebutuhan mereka.

Berikut ini beberapa contoh praktis yang bisa dilakukan dalam keseharian kita untuk mengembangkan kemampuan anak, yang tentunya disesuaikan dengan tingkat usia anak.

1. Latihan hidup praktis

Mengajari anak membersihkan debu di meja, memindahkan kursi, menutup dan membuka lemari, melipat serbet, mencuci peralatan makan, mencuci tangan, menyapu lantai, menyemir sepatu, mengikat tali sepatu, membuka dan menutup botol, menggunting kertas, melukis dan mewarnai.

2. Latihan sensoris awal

Membiarkan anak menyusun balok-balok mainan hingga menyerupai menara, meminta anak berjalan lurus di atas tali yang sudah dibentangkan di lantai, ataupun yang sudah berbentuk angka delapan. Contoh lainnya adalah mengajak anak bermain tebak-tebakan isi di dalam sebuah tas yang sudah diisi berbagai benda, dan meminta anak menebak aroma yang keluar dari beberapa botol yang berisi rempah-rempah.

3. Latihan membaca dan menulis

Sebelum mengajari anak membaca dan menulis, hal yang perlu diperhatikan adalah, bahwa Bunda perlu mengajari anak bagaimana cara memegang pinsil dengan baik dan benar. Selain itu, perlu juga  memperhatikan perkembangan bahasa anak.

Untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak, apabila kita memiliki kemampuan berbahasa lebih dari satu, maka pada periode ini, adalah masa paling penting untuk mengajari anak berbagai bahasa. Kemampuan ini akan sangat baik bagi perkembangan berbahasa anak di masa depan.

Metode Montessori ini tergolong metode yang sederhana dan bisa kita terapkan sambil bermain bersama buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *