Ingin Tampil Modis dengan High Heels Tanpa Harus Menderita, Bisa!

high-heels

Banyak ungkapan yang menyebutkan bahwa “cantik itu luka”, yang dapat diartikan bahwa untuk tampil cantik seseorang harus menderita. Benarkah demikian?

Nyatanya, wanita memang seringkali harus berkorban demi terlihat cantik dan fashionable. Bahkan, jika mereka ditanya, “Pilih mana, mau tampil cantik tapi berisiko sakit atau berpenampilan biasa namun berbadan sehat sampai tua?”.

Dilihat dari logikanya, mungkin orang akan cenderung mengambil pilihan kedua. Namun nyatanya, banyak yang lebih suka pada pilihan pertama. Yang penting terlihat cantik dan menarik. Soal sakit, urusan belakangan. Begitulah kira-kira pandangan mereka terhadap urusan penampilan dan kesehatan.

Termasuk salah satunya dalam hal pemilihan sepatu. Sepatu hakikatnya adalah pembungkus yang berguna untuk melindungi kaki. Dalam dunia mode, sepatu menjadi bagian dari fashion yang dirancang bukan saja untuk melindungi kaki, melainkan juga untuk mempercantik penampilan. Bahkan kini, pendekatan fashion lebih melekat sehingga lahirlah model-model sepatu yang mengutamakan unsur “gaya” ketimbang fungsi dari sepatu tersebut.

Dalam memilih sepatu, kaum hawa cenderung menyukai sepatu berhak tinggi. Wanita mana yang tidak suka menggunakan stiletto yang membuat kakinya terlihat ramping? Ya, umumnya, wanita memang sangat menggilai berbagai macam high heels. Walaupun dengan risiko pegal, mudah keseleo, pergelangan kaki sakit, punggung terasa nyeri, dan risiko terkena varises.

Dunia mode pun telah melemparkan citra bahwa sepatu ber-hak tinggi mampu memberi kesan yang lebih anggun. Semakin tinggi hak sepatu yang dikenakan, maka semakin mengundang decak kagum, dan si pemakai juga merasa penampilannya semakin lebih menarik. Padahal, jika dikaji dari sisi kesehatan, sepatu berhak tinggi justru mengundang banyak masalah.

Salah satu masalah kesehatan yang disebabkan oleh sepatu berhak tinggi adalah osteoarthritis. Osteoarthritis ini adalah bagian dari penyakit radang sendi. Gejalanya berupa nyeri dan kaku di persendian tulang. Umumnya, keluhan muncul di persendian lutut dan panggul. Bila ini dibiarkan, bisa menyebabkan nyeri ke bagian otot dan sekitarnya. Pada stadium rendah, keluhan bisa diatasi dengan obat. Namun, pada stadium lanjut, keluhan ini memerlukan tindakan operasi penggantian bantal sendi.

Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa perempuan yang sering menggunakan sepatu berhak tinggi, terutama dengan hak di atas 5 cm, banyak mengalami radang sendi di sekitar lutut, tulang panggul, paha, bahkan ada yang sampai tulang belakang. Penggunaan sepatu berhak tinggi akan semakin mengundang penyakit bila hak yang dijadikan sandaran untuk berpijak berdiameter kecil. Hak sepatu yang kecil, tentu menyebabkan pijakan kaki tidak stabil. Dan agar tubuh tidak terjatuh, secara refleks otot-otot sekitar lutut kerap bekerja keras menjaga keseimbangan tubuh, sehingga otot-otot lutut tidak bisa rileks. Inilah yang kemudian menyebabkan kaki mudah capek, dan terserang kram.

Lalu, bagaimana dengan sepatu berhak rendah? Apakah berarti sepatu model ini seratus persen aman bagi kesehatan? Jawabannya tidak.

Sepatu yang terlalu datar juga bisa menimbulkan masalah karena kondisi tersebut memaksa tendon achilles (urat kaki di atas tumit) melakukan tarikan yang keras. Bila berjalan dengan sepatu datar berlangsung dalam waktu yang lama, otot-otot di sekitar tumit terasa cepat pegal dan lelah.

Nah, jika Anda memang benar-benar menginginkan sepatu dengan hak tinggi guna menunjang penampilan Anda, ada beberapa kiat aman memakai sepatu hak tinggi, yaitu:

  • Langkahkan kaki dengan mengayunkan tumit, lalu pijakkan kaki dengan cepat tapi halus. Usahakan ibu jari kaki selalu menghadap ke depan. Jangan lupa ayunkan tangan untuk menjaga keseimbangan.
  • Usahakan tidak melangkah terlalu lebar. Dengan kata lain, ambil langkah pendek-pendek.
  • Jangan menghentakkan kaki terlalu keras. Jalanlah dengan stabil dan tak terlalu cepat.
  • Jangan memakai sepatu berhak tinggi terlalu lama, cukup beberapa jam saja.
  • Gunakan sepatu berhak tinggi pada waktu-waktu tertentu. Misalkan untuk menghadiri pesta atau menghadiri acara-acara resmi.

Itulah beberapa cara aman memakai sepatu berhak tinggi yang perlu Anda terapkan untuk tampil cantik namun tetap sehat. Yuk, dicoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *