Yakin Perawatan Kecantikan Anda Sudah Benar ?

Tidak ada wanita yang tidak ingin merasa cantik, dikatakan cantik, terlihat cantik, atau menjadi cantik. Ya, “Cantik” adalah hal yang sangat didambakan oleh setiap wanita. Hal inilah yang kemudian menyebabkan banyak wanita melakukan segala cara hanya untuk mempercantik diri agar nampak menarik di hadapan orang atau masyarakat.

Terkadang, Anda sudah merasa melakukan semua perawatan kecantikan tersebut dengan benar. Namun ternyata, ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan wanita dalam perawatan kecantikannya. Alhasil, bukannya menjadi cantik, namun malah menjadi penyakit pada diri mereka. Apa saja kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan wanita untuk menjadi cantik? simak uraiannya berikut ini.

  1. Mengabaikan Kebersihan Alat Kecantikan

Kuas atau spons bedak yang kotor akan menumpukkan kuman pada wajah kulit dan menimbulkan jerawat. Sebaiknya, bersihkan secara rutin dua minggu sekali dengan menggunakan air suam-suam kuku.

  1. Tidur Tanpa Membersihkan Make-Up

Make-up yang tidak dibersihkan dapat menyumbat pori-pori, menimbulkan jerawat, dan iritasi pada mata. Kulit butuh waktu untuk memperbarui sel-sel. Namun, karena pori-pori tersumbat, proses ini menjadi terhambat sehingga membuat kulit menjadi kusam. Untuk itu, bersihkan wajah dari make-up sebelum 24 jam sejak pemakaiannya. Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan sabun khusus wajah.

  1. Terlalu Menghindari Asupan Lemak

Kekurangan asupan lemak dapat menyebabkan kulit jadi kering, bersisik, dan rambut bercabang. Anda dapat mengonsumsi lemak nabati untuk mendapatkan kulit indah tanpa harus mengorbankan bentuk tubuh Anda.

  1. Lupa Berolahraga

Olahraga tak hanya baik bagi tubuh, tetapi juga membuat kulit berseri karena meningkatnya aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Anda dapat berolahraga dengan murah, mudah, namun mampu memberi manfaat yang luar biasa bagi tubuh dan kesehatan Anda. Yang penting dalam memilih olahraga sebaiknya disesuaikan dengan usia dan kondisi tubuh, serta takaran yang benar guna menghindari kemungkinan tubuh terbebani dan menimbulkan kelelahan, cedera otot, tulang, dan persendirian.

  1. Menyemprotkan Parfum di Pergelangan Tangan

Lebih baik menyemprotkan parfum pada titik denyut nadi di leher karena daerah ini lebih hangat dan akan membantu menyebarkan wewangian.

  1. Mandi Lama dengan Air Panas

Kedengarannya memang menyenangkan, tetapi ini dapat membuat kulit menjadi kering. Batasi waktu mandi hanya selama kurang lebih 3 menit dengan suhu air yang tak terlalu panas. Serta jangan lupa selalu gunakan pelembap segera setelah mandi untuk mencegah kulit menjadi kering.

  1. Menggarisi Bibir Sebelum Memakai Lipstip

Cara yang benar untuk memakai lip liner dan lipstik adalah mengaplikasikan lipstik terlebih dulu, lalu gunakan lip liner untuk membingkai garis bibir. Lip liner akan menempel dengan lebih halus pada bibir yang sudah dilapisi lipstik daripada bibir yang polos sehingga garis yang berkesan alami dapat diperoleh. Serta, jangan gunakan lip liner yang lebih gelap dari warna lipstik.

  1. Terlalu Dekat ke Cermin Saat Mencabut Alis

Jika Anda terlalu dekat ke cermin saat mencabut alis, Anda akan kehilangan perspektif atas bentuk alis Anda. Bentuk alis yang wajar dan tampak bagus adalah yang dimulai dari sudut dalam dari mata Anda. Maka, jaga jarak Anda dari cermin saat mencabut agar alis Anda tetap tampak simetris. Mencabut alis terlalu berlebihan juga tidak baik, sebab beberapa rambut alis yang sudah dicabut berpeluang untuk tidak tumbuh lagi. kalaupun ingin mencabut alis, cabutlah rambut yang berada di bawah garis alis, lalu tebalkan dengan pensil alis tipis-tipis. Bagi Anda yang sudah terlanjur mencabut alis, lukislah alis dengan pensil alis kemudian tambahkan perona mata yang berwarna senada dengan kuas pada alis yang dibentuk tersebut.

  1. Memompa Maskara untuk Mendapatkan Cairan Lebih Banyak

Apakah Anda sering memompa maskara berkali-kali dengan stiknya agar Anda bisa mendapatkan cairan yang lebih banyak?

Sebenarnya, cara ini takkan berhasil. Di dalam setiap tabung maskara terdapat semacam wiper yang mengukur ketepatan jumlah cairan maskara setiap Anda menarik stik keluar dari tabung. Jadi, tak peduli berapa kali Anda memompa stik maskara Anda, jumlah maskara yang menempel di kuasnya akan tetap sama. Sebaliknya, memompa maskara demikian akan membuat udara masuk ke dalam tabung dan dapat merusak formula cairan maskara. Akibatnya, cairan maskara akan sulit menempel di bulu mata saat diaplikasikan.

  1. Menggosok Wajah dengan Scrub secara Berlebihan

Terlalu sering dan terlalu keras melakukan scrub juga bisa menimbulkan masalah pada kulit. Dengan melakukan ini, Anda berisiko membuat kulit Anda kering dan menghilangkan lapisan kulit yang paling atas. Ketika Anda menggosok kulit yang butuh kelembapan, kulit akan merespon seakan-akan ia terluka, dan akibatnya memproduksi lebih banyak minyak, yang akhirnya akan berakibat timbulnya jerawat. Untuk menghindari ini gunakan spons atau scrub wajah satu atau dua kali dalam seminggu.

  1. Menyikat Rambut saat Masih Basah

Menyikat rambut saat rambut masih basah akan mengakibatkan rambut yang sehat maupun yang rusak tertarik dan rontok pada saat itu juga, sehingga lama-kelamaan bisa terjadi kebotakan pada rambut. Sebaiknya, setelah keramas gunakan sisir dengan bergigi jarang untuk menghilangkan kusut dari rambut Anda.

  1. Mengoleskan Pelembab Secara Berlebihan

Pelembap kulit bermanfaat untuk menghambat penguapan cairan dalam kulit. Pakailah setelah mandi atau setelah membersihkan kulit wajah di saat kulit dalam keadaan bersih. Oleskan pelembap secukupnya di permukaan kulit wajah. Mengoleskan pelembap secara berlebihan dengan harapan agar kulit semakin terlindungi justru akan membuat pori-pori kulit wajah tersumbat sehingga rentan timbul jerawat. Indikator pemakaian pelembap yang terlalu banyak adalah jika 15 menit setelah pemakaian, kulit muka masih terlihat berminyak. Ini pertanda bahwa pelembap tidak terserap lagi dengan baik oleh kulit. Selain itu, kulit wajah pun tampak sembab. Untuk itu pilihlah pelembap yang baik dan sesuai dengan jenis kulit Anda.

Itulah beberapa kesalahan-kesalahan kecil yang acapkali dilakukan dalam perawatan kecantikan. Yuk, benahi dari sekarang, demi cantik dan sehatmu. Semangat menjadi cantik dan sehat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *