Pusing Anak Susah Makan!

Mom, pasti pusing ya… kalo buah hati Anda susah makan? Segala cara sudah dilakukan supaya anak membuka mulutnya, namun tetap saja tidak mau. Yuk cari tahu penyebabnya, kita bisa lakukan panduan di bawah ini:

1.Jadwal Makan

Pastikan jadwal makan buah hati Anda rapi ya Mom yaitu 3-4 jam sekali makan. Jarak makan antar waktu memberikan kemudahan dalam proses makan. Anak akan terbiasa merasakan rasa lapar dan kenyang dengan teratur.

2.Menu Makanan

Menu makanan dapat memengaruhi pola makan anak. Berikan menu yang variatif dan suasana yang nyaman saat makan. Pastikan anak dalam keadaan duduk dengan tenang, biasakan makan tanpa gangguan apapun seperti televisi maupun gadget. Jika anak rewel,stop aktivitas makan. Lanjutkan makan di jadwal berikutnya, ajarkan disiplin pada anak sedini mungkin.

3.Makan Bersama

Anak akan meniru apa yang orang tua lakukan. Makan bersama akan memberikan kenyamanan dan semangat bagi anak yang malas makan. Anak juga dapat meniru menu makan yang Anda makan, seperti sayur dan buah. Biasakan pola makan 4 sehat 5 sempurna di rumah Anda.

4.Makanan ringan

Hindari anak untuk makan makanan ringan mendekati makanan pokok, biasanya anak terlanjur kenyang karena makan camilan. Masukan jadwal snack time pada jadwal makan yang telah disusun.

5.Tekstur makanan

Sesuaikan tekstur makanan untuk usia buah hati Anda. Makanan yang teralu keras untuk anak usia di bawah 1 tahun tidak disarankan. Perlahan naikan tekstur makanan anak hingga mencapai makanan dewasa. Pastikan anak tidak alergi dengan makanan tertentu.

Jika proses di atas sudah dilakukan tapi anak masi susah makan, konsultasikan lah pada dokter spesialis anak atau ahli gizi. Kita dapat melihat apakah ada gangguan kesehatan atau pola makan yang salah pada anak. Selamat mencoba Mom & Dad!

Sumber foto: Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *