BAB Lancar saat Berpuasa

Susah Buang Air Besar atau BAB terkadang kerap terjadi pada saat kita berpuasa pada bulan Ramadhan. Gangguan BAB dan sembelit akan mengganggu aktivitas dan stamina kita saat berpuasa. Jika tidak diatasi, gangguan tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang kronis. Yuk, kita cari tahu bagaimana agar BAB kita tetap lancar meski sedang berpuasa:

  1. Makanan kaya serat

Makanlah makanan yang mengandung banyak serat saat berpuasa. Makan berserat banyak terkandung dalam buah dan sayur. Seperti pepaya, kiwi, wortel, bayam, jeruk, serta kacang-kacangan. Makanan tersebut selain sehat dan bervitamin juga  dapat memperlancar BAB.

  1. Kurangi makanan berlemak dan rendah serat

Hindari makanan berlemak dan rendah serat seperti makanan kalengan. Makanan tersebut jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan sembelit atau diare.

  1. Minum secara teratur

Minum lah air  secara rutin. Salah satu cara agar tinja lancar dan tidak kering dengan minum. Minuman yang baik adalah air mineral, jus, atau teh herbal..

  1. Tetap Olahraga

Meski sedang berpuasa, badan harus tetap bergerak dan bugar. Biasakan olahraga secara teratur, tidak perlu lama-lama cukup 10-25 menit sehari. Badan yang bugar akan membantu proses pencernaan yang sehat.

  1. Jangan menunda BAB

Menunda BAB akan memicu gangguan pencernaan seperti sembelit. Maka, segeralah ke toilet  jika saat merasa akan BAB. Biasakan pola tersebut, agar pencernaan menjadi sehat dan teratur.

Sumber: Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *