Sukses Menjadi Manajer Kosmopolitan

manajer wanita

Dalam era globalisasi ini, tidak sedikit di antara kita yang harus bekerja bersama dengan para profesional dari luar negeri. Mereka mungkin mengisi posisi sebagai rekan, bawahan, maupun atasan kita. Beberapa dari kita mungkin tidak mengalami banyak kendala menghadapinya, namun mungkin ada juga yang masih mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan situasi kerja bersama orang-orang itu.

Agar kita dapat mengatasi rasa tidak nyaman atau bahkan perasaan terancam, A.B. Susanto membagi petunjuk untuk sukses menjadi manajer dalam lingkungan kerja yang kosmopolitan. Dalam bukunya, Susanto mengatakan bahwa seorang manajer kosmopolitan harus memiliki 3K sebagai berikut.

1. KONSEP YANG KUAT. tentang bagaimana mengelola timnya. Manajer tersebut dituntut untuk bersikap terbuka, fleksibel, dan memiliki kepekaan budaya karena harus berperan sebagai komunikator sekaligus negosiator antarbudaya bagi anggota-anggota timnya. Ia harus memiliki kesigapan memimpin, inovatif, partisipatif, dan mampu berkarya secara optimal dalam lingkungan global yang pluralistik. Selain itu, ia harus mampu menciptakan sinergi budaya ketika memimpin.

2. KOMPETENSI YANG TINGGI. Manajer tersebut juga harus meningkatkan kompetensinya, apalagi jika akan bekerja bersama para profesional dari luar negeri yang mungkin berpendidikan lebih tinggi atau berpengalaman lebih banyak. Peningkatan hard skill dan soft skill harus dilakukan dan dikembangkan secara terpadu dan berkesinambungan.

3. KONEKSI YANG LUAS. Koneksi yang luas dapat diperoleh dengan melakukan networking. Namun, sumbernya harus dipilih secara selektif. Jangan lupa untuk memilih dan membina hubungan yang harmonis dengan contact person. Koneksi ini juga erat kaitannya dengan kemampuan melobi. Dalam aktivitas melobi, manajer tersebut memerlukan keterbukaan wawasan, pengetahuan, dan pengalaman yang cukup.

Globalisasi memang berpengaruh terhadap karier, tapi jangan menghadapinya dengan kecemasan. Lakukan upya-upaya untuk beradaptasi dan menjadi manajer kosmopolitan yang sukses. (FRU)

Diolah dari: “Seri Management for Everyone: KARIER” (Penerbit Esensi, 2010)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *