7 Makanan untuk Membuat Kita Tidur Nyenyak

Semua orang perlu istirahat yang cukup untuk dapat menjalankan keseharian mereka dengan maksimal. Tidur malam adalah aktivitas yang amat penting. Jika kita tidak mendapatkan 5-8 jam tidur nyenyak, aktivitas kita akan terganggu dengan rasa lelah. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang yang mengonsumsi obat tidur untuk dapat tidur dengan nyenyak di malam hari dan mendapatkan istirahat yang cukup.

Tak perlu minum obat tidur ketika Anda tidak bisa tidur. Tahukah Anda, bahwa ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu kita tidur nyenyak di malam hari? Berikut ulasannya.

  1. Madu
    Tambahkan sedikit madu pada secangkir susu atau teh hangat, minum dua jam sebelum Anda pergi tidur. Kandungan glukosa yang terdapat dalam madu akan menurunkan level orexin, yang merupakan hormon yang membuat Anda terjaga.
  2. Makanan whole grain
    Jika Anda merasa sedikit resah sebelum tidur, cobalah makan sepotong roti whole grain. Mencerna whole grain akan membuat tubuh memproduksi insulin, yang dapat membantu saraf untuk menyampaikan trypthophan (jenis asam amino yang dapat membuat Anda mengantuk) ke otak.
  3. Pisang
    Buah ini amat baik untuk membantu kita tidur. Pisang kaya akan potassium, yang bermanfaat untuk membantu kita tidur nyenyak. Pisang juga mengandung tryptophan dan magnesium, yang menjadikannya sebagai semacam obat tidur alami.
  4. Susu
    Tidak hanya dapat menghangatkan tubuh di malam hari, segelas susu hangat sebelum tidur memang terbukti dapat membantu kita tidur. Susu juga merupakan salah satu sumber tryptophan natural, dan kandungan kalsiumnya pun memiliki pengaruh yang baik untuk asam amino kita.
  5. Kacang
    Sedikit mengemil kacang sebelum tidur dapat memberikan efek yang baik. Kacang membantu produksi serotonin di otak. Kacang juga merupakan sumber magnesium dan tryptophan yang baik. Jenis kacang yang paling baik untuk membantu tidur adalah walnut, flax seeds, pumpkin seeds, dan biji bunga matahari.
  6. Yogurt
    Semangkuk kecil yogurt, ditambah dengan madu dan beberapa potong buah sebagai topping, dapat menjadi obat tidur paling mutakhir. Hal ini disebabkan karena yogurt mengandung kalsium, yang berguna untuk memproduksi hormon tryptophan dan melatonin.
  7. Anggur
    Buah yang mengandung hormon melatonin yang tinggi ini juga baik untuk membantu kita tidur. Anggur dapat dikonsumsi sebagai topping untuk sajian yogurt, sehingga makin memperkuat pengaruhnya untuk membuat kita tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *