5 kegiatan Fun: Stay at Home bersama buah hati!

Kampanye Stay at Home atau #dirumahaja merupakan upaya yang sedang kita lakukan untuk memutus penyebaran pandemi yang telah menjangkit di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Namun, kita sebagai  orang tua, harus tetap memiliki kegiatan menarik dan produktif di rumah, khususnya untuk meningkatkan kemampuan anak Anda. Mom & Dad dapat melakukan aktivitas fun dan edukatif di bawah ini:

  1. Memasak

Kegiatan memasak atau cooking, bukanlah hal yang asing lagi bagi anak, baik itu perempuan dan laki-laki. Banyak program channel cooking yang sering mereka lihat dan ketahui baik di Tv maupun youtube. Memasak bersama merupakan salah satu kegiatan fun yang dapat Anda lakukan bersama buah hati Anda. Buatlah makanan kegemaran anak Anda seperti puding, kue   bolu, atau cookies, atau cobalah resep baru dan menarik yang mereka sukai. Pilihlah makanan yang mudah dan tidak memerlukan waktu yang terlalu lama, agar anak tidak merasa bosan dan terlalu lelah. Jika masakan yang dibuat gagal, berikan pengertian kepada anak Anda dan pastikan kegiatan ini dilakukan dengan suka cita!

  1. Mewarnai

Semua orang suka mewarnai dan menggambar, tak terkecuali buah hati Anda. Buatlah aktivitas mewarnai dengan menggunakan media yang berbeda atau mungkin belum

pernah dicoba oleh buah hati Anda. Seperti, mewarnai botol plastik, mug polos, atau kaos polos tak bergambar. Pilihlah tempat yang leluasa dan nyaman di rumah Anda, seperti di teras rumah atau pekarangan rumah Anda. Pemilihan tempat yang tepat akan memberikan kenyamanan dan keasyikan tersendiri. Setelah selesai, anak dapat menggunakan media tersebut untuk hiasan kamarnya!

  1. Bermain Air

Jika Anda memiliki pekarangan dan lahan yang cukup luas, bermain air adalah kegiatan yang fun dan pasti disukai oleh buah hati Anda. Pastikan anak dalam kondisi fit atau sehat. Kegiatan ini bisa Anda praktikkan dengan media kolam karet atau ember besar. Anda dapat melakukan perlombaan sederhana seperti lomba memindahkan bola atau aktivitas memancing mainan.

  1. Olahraga

Kegiatan olahraga dapat Anda dan buah hati lakukan di rumah, seperti senam, dance, atau yoga. Pilihlah olahraga yang mudah dan carilah tutorial atau video yang banyak ditemukan di internet. Pastikan anak melakukan kegiatan ini dengan benar agar anak aman dan tidak cedera.

  1. Membaca Buku

Salah satu kegiatan yang mudah dan menyenangkan adalah membaca buku. Selain menyenangkan, anak juga dapat meningkatkan kemampuan membaca serta menambah wawasan. Pilihlah bacaan yang menarik dan edukatif. Bacalah bersama buah hati, lalu diskusikan kembali materi dan cerita pada buku tersebut. Buku dapat anda beli secara berkala, baik berbentuk cetak maupun ebook yang mudah Anda dapatkan di toko buku online.

Itulah kegiatan fun yang dapat Anda lakukan bersama buah hati Anda. Selalu jaga kesehatan, kebersihan, dan stay at home!

Sumber Foto: Lomba Foto Hari Buku Sedunia 2018 - Penerbit Erlangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *