Penyakit yang Sering Diderita Wanita

Wanita dan pria sangat berbeda secara fisik, maka kerentanan terhadap penyakit juga berbeda. Penelitian menunjukkan bahwa wanita di negara Barat hidup lima tahun lebih lama daripada pria.

Namun, bukan berarti wanita memiliki lebih sedikit penyakit. Wanita lebih kecil kemungkinannya menderita penyakit mematikan, seperti jantung dan kanker, tapi rentan terhadap penyakit lain, seperti:

1. Masalah kesehatan mental
Wanita cenderung lebih bermasalah pada kesehatan mental, seperti depresi, kegelisahan, dan ganggguan pola makan. Selain itu, karena wanita cenderung hidup lebih lama, maka wanita juga rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh faktor usia, seperti alzheimer.

2. Masalah kesehatan tulang
Wanita lebih rentan terkena osteoporosis (pengeroposan tulang) dan osteoartritis. Kedua penyakit tersebut disebabkan oleh faktor usia. Osteoporosis dan osteoartritis bersifat melemahkan dan membunuh secara perlahan.

3. Kanker
Pria lebih banyak meninggal karena kanker – sebagian besar karena kanker paru-paru – tetapi wanita memiliki jenis kanker tersendiri, yaitu kanker payudara dan kanker mulut rahim.

4. Penyakit jantung dan stroke
Lebih banyak pria yang meninggal karena kedua penyakit ini. Wanita berisiko terkena ketika sudah melewati masa menopause karena perlindungan jantung oleh hormon estrogen menurun. Anda patut berhati-hati karena lebih dari sepertiga kasus serangan jantung dialami oleh orang yang didiagnosis tidak mengidap penyakit jantung.

5. Penyakit akibat kebiasaan merokok, minum alkohol, dan narkoba
Secara keseluruhan, pria lebih banyak mengidap penyakit yang disebabkan oleh merokok, minum alkohol, dan narkoba. Sayangnya, kecenderungan saat ini menunjukkan bahwa semakin banyak wanita merokok, minum alkohol, dan narkoba. (RD)

Sumber: Dr Sarah Jarvis, MA, BM, BCH, DRCOG, FRSCGP & Tim Dokter Wanita Kelas Dunia. Ensiklopedia Kesehatan Wanita. Erlangga.

Sumber foto : www.freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *