Menyiasati Wawancara Kerja

job-interview

Selamat, Anda mendapat panggilan wawancara. Ini berarti berita baik. Tapi mengapa Anda merasa seolah-olah baru saja menerima pemberitahuan tanggal eksekusi Anda?

Jangan khawatir, memang sudah seharusnya Anda merasa gugup. Wawancara merupakan bagian yang sangat penting karena berada di antara Anda dan pekerjaan impian Anda, atau paling tidak pekerjaan halal dengan gaji yang lumayan. Jadi, Anda gugup untuk alasan yang tepat dan mempersiapkan diri untuk sebuah wawancara tidaklah sulit. Hanya saja, membutuhkan waktu dan usaha.

Jangan tunggu sampai detik terakhir untuk menyiapkan wawancara. Lakukan sekarang juga dan secara menyeluruh! Dengan demikian Anda tidak hanya terhindar dari segala macam tekanan namun juga berkesempatan mempersiapkan dan melatih berbagai jawaban yang benar-benar bagus secara komprehensif. Ketika Anda tahu apa yang akan Anda hadapi dan bagaimana menanganinya, Anda akan lebih percaya diri saat menghadapi audiens Anda, yaitu Pewawancara.

Sebenarnya setiap pewawancara hanyalah individu dengan preferensi dan prasangka masing-masing. Tiap orang memiliki penekanan yang berbeda-beda terhadap hal yang berbeda-beda pula. Ada yang terpengaruh dengan penampilan penuh percaya diri, ada juga yang terpengaruh dengan kesan pertama nan menarik, lalu ada pula yang lebih tertarik pada mereka yang cenderung berpikir dahulu sebelum menjawab.

Namun yang pasti -percaya atau tidak- mereka ingin agar Anda tampil prima. Dan, mereka benar-benar berusaha untuk melihatnya dengan mempersiapkan berbagai pertanyaan, menata ruang wawancara, dan membuat Anda merasa benar-benar nyaman. Para pewawancara menginginkan seseorang yang bisa melakukan pekerjaan tersebut. Saat Anda memasuki ruangan wawancara, mereka berharap Andalah orang tersebut. Nah, tugas Anda adalah meyakinkan mereka bahwa anggapan mereka benar.

Ada beberapa kualitas kunci yang dilihat oleh pewawancara ketika Anda menjawab pertanyaan mereka. Sebelumnya tentu para pewawancara sudah memiliki bayangan tentang keterampilan, kualitas, dan pengalaman Anda.

Hal-hal ini cukup menarik sehingga mereka ingin bertemu dengan Anda. Namun kepribadian dan antusiasme Anda tidak dapat diperlihatkan dalam CV atau surat lamaran, tapi harus diperlihatkan pada saat wawancara.
Kualitas-kualitas kunci yang perlu Anda tampilkan adalah:

1. Keterbukaan
Kebanyakan perusahaan menginginkan karyawan yang terbuka, mudah dihubungi, dan komunikatif. Karyawan seperti itu mudah diatur dan mudah bekerja sama. Sudah pasti perusahaan akan mencari karakter-karakter ini selama wawancara. Bersikaplah responsif, jangan biarkan pewawancara menggali informasi. Sebisa mungkin, hindari jawaban singkat ‘ya’ dan ‘tidak’.

2. Antusiasme
Antusiasme terhadap pekerjaan yang telah Anda lakukan dan terhadap pekerjaan yang Anda lamar sangatlah penting. Para pewawancara memandang lebih bersahabat pada orang-orang yang mereka rasa akan memberikan 100%, daripada mereka yang –secara tertulis- memiliki kualifikasi yang bagus namun tampak tidak bersungguh-sungguh.

3. Percaya diri

Percaya diri mungkin merupakan hal terakhir yang Anda rasakan saat mengikuti wawancara. Namun, rasa percaya diri merupakan kualitas kunci yang harus Anda tonjolkan. Anda tak perlu tampil sebagai orang yang sok, sombong, dan tinggi hati, namun perlu memperlihatkan rasa percaya diri akan kemampuan diri Anda sendiri. Jika terlihat ragu-ragu, berarti Anda telah menyia-nyiakan kepercayaan perusahaan pada Anda. Selalu berikan jawaban yang positif. Orang-orang cenderung menilai Anda dan estimasi Anda sendiri. Karena itu jangan sekalikali merendahkan diri sendiri dan memintakan maaf untuk diri Anda.

4. Energi

Duduklah dengan tegak, waspada, bicaralahmdengan jelas, tersenyum, dan jangan lupa melakukan kontak mata. Ketika Anda terlihat enerjik dan bersemangat para pewawancara akan melihat seseorang yang positif, tenang, optimis, dan konstruktif – sosok yang akan mengatasi banyak masalah dan bukannya menambah masalah, juga seseorang yang akan menyenangkan untuk diajak bekerja sama. (AFN, disarikan dari buku Panduan Wawancara Super Lengkap, terbitan ESENSI)


Sumber : Choice Edisi 25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *