Kiat Sehat Meski Sibuk

Di zaman yang sangat kompetitif ini, sulit rasanya menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi, pekerjaan, dan kesehatan. Bekerja terlalu keras tidak hanya berdampak buruk pada waktu untuk keluarga, tapi juga untuk kesehatan Anda.

Nah, jika Anda termasuk orang yang tak punya banyak waktu untuk berolahraga, tapi ingin tetap sehat. Coba ikuti beberapa cara berikut ini untuk tubuh tetap sehat di tengah kesibukan yang mendera.

Banyak Bergerak, Jangan Malas!

Untuk menggerakkan anggota badan, tak perlu meluangkan waktu khusus untuk berolahraga atau pergi ke pusat kebugaran, kok. Naik turun tangga bisa jadi adalah pilihan yang sehat dibandingkan menggunakan lift atau eskalator.

Kurangi Lemak

Hindari mengonsumsi makanan berlemak tinggi, seperti gorengan, burger dan sejenisnya. Bila ingin mengonsumsi keju, susu, dan krim, maka pilihlah yanh berlemak rendah. Kacang, roti lapis, daging, mayonis, mentega, margarin, dan saus, hendaknya dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas.

Berhenti Merokok

Dalam satu batang rokok terdapat lebih dari 4000 zat yang membahayakan tubuh. Selain itu, merokok juga bisa merusak penampilan. Membuat gigi kuning, tubuh berbau, dan penampilan wajah Anda menjadi kusam.

Kurangi Stres

Anda yang sibuk memang sangat rawan untuk stres. Salah satu cara yang direkomendasikan para ahli untuk mengurangi stres adalah berpikir positif. Habiskan setidaknya 30 menit sehari untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai. Bisa mendengarka musik, menonton film, atau mebaca buku. Hal ini terbukti efektif untuk mengurangi stres yang sering dialami oleh para pekerja.

Lindungi Diri dari Polusi

Meski hal ini sulit dilakukan di kota besar, cobalah untuk menghindari ruangan yang penuh asap rokok, dan jalanan yang macet. Usahakan, di rumah kita pun memiliki kebun kecil yang bisa menetralisir agar udara yang tercipta tetap segar dan bersih.

Jaga Mental Positif

Tidak bisa dimungkiri bahwa ada hubungan positif antara kesehatan dengan sikap dan penampilan kita. Orang yang ceria dan mudah tersenyum, terbukti jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan orang yang sering nampak marah atau murung. Jadi, biasakan untuk tersenyum, ya.

Nah, itulah beberapa hal atau aktivitas sehat yang bisa Anda lakukan di tengah-tengah kesibukan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *