Makanan Sehat untuk Perkembangan Otak Anak

Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan berbagai nutrisi yang dapat mendukung tumbuh kembangnya secara maksimal. Bagian tubuh yang berbeda membutuhkan nutrisi yang berbeda pula. Kali ini, yuk, simak pembahasan mengenai makanan yang bisa membantu meningkatkan pertumbuhan otak si Kecil.

Ada beberapa jenis makanan yang diketahui dapat meningkatkan daya ingat serta konsentrasi. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang telah direkomendasikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

  • Telur
    Telur yang merupakan sumber protein tinggi juga memiliki kandungan kolin. Kolin berkhasiat untuk membantu perkembangan otak.
  • Ikan
    Banyak jenis ikan yang memiliki kandungan asam lemak, yang dapat bermanfaat untuk pertumbuhan otak. Salmon, misalnya, merupakan sumber terbaik untuk memperoleh asam lemak omega-3 yang penting untuk fungsi otak. Omega-3 membantu pembentukan pikiran yang tajam. Orang-orang yang banyak mengonsumsi Omega-3 telah terbukti untuk mencatat hasil yang baik dalam tes kemampuan mental.
  • Daging Sapi
    Daging sapi mengandung banyak zat besi, yang mudah diserap tubuh dan berguna untuk membantu si Kecil agar tetap berenergi dan berkonsentrasi. Mengonsumsi daging sapi sebanyak 100 gram setiap hari akan membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber makanan lainnya. Daging sapi juga mengandung zinc, yang berguna untuk memelihara daya ingat. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari daging sapi, pilihlah daging yang bebas lemak.
  • Selai kacang
    Kaya akan vitamin E, kacang adalah makanan dengan antioksidan yang dapat melindungi membran sel otak dari radikal bebas. Akan tetapi, perlu hati-hati ketika memilih produk selai kacang. Pilihlah selai kacang yang rendah gula dan natrium.
  • Sayuran
    Semakin segar dan cerah warnanya, semakin tinggi kandungan antioksidan yang dimiliki sayuran. Tomat, wortel, bayam, dan labu merupakan makanan kaya antioksidan. Sayuran ini dapat membantu menguatkan dan menjaga kesehatan membran sel otak.
  • Oat
    Mengonsumsi oat setiap hari berarti kita akan mendapatkan asupan vitamin E, B, potassium, dan zinc. Nutrisi yang dimiliki oat ini akan membantu tubuh dan otak untuk bekerja secara optimal.
  • Kacang hijau
    Kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang padat. Selain tinggi protein dan karbohidrat, kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, tembaga, mangan, fosfor, dan thiamin. Semua ini penting bagi tubuh dan perkembangan otak. Hal ini menjadikan kacang hijau sebagai makanan yang amat direkomendasikan untuk dikonsumsi si Kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *