Jadikan Sayur Sebagai Sumber Karbohidrat Alternatif

Oleh: Disyacitta Nariswari

Apakah salah satu resolusi tahun 2019 Anda adalah ingin punya bentuk tubuh yang ideal? Yuk jangan ragu lagi, lakukan dari sekarang! 

Mulai saja dari langkah yang termudah, yaitu mengatur pola makan. Tentu makanan yang dikonsumsi haruslah berasal dari sumber makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Sayur merupakan salah satu sumber pangan alami yang dapat berperan sebagai pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat utama dalam tubuh Anda, lho! Sayur dengan kandungan serat yang tinggi memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna, sehingga membuat efek kenyang lebih lama. 

Simak yuk, jenis sayur apa saja yang bisa menjadi sumber karbohidrat alternatif: 

Jagung

Jagung sebagai sumber karbohidrat pasti sudah tidak asing lagi Anda ketahui. Bahkan, beberapa daerah di Indonesia bagian Timur menjadikan jagung sebagai makanan pokok. Namun, tahukan Anda bahwa jagung memiliki kandungan amilosa yang lebih tinggi dibanding beras?Hal ini menyebabkan jagung akan dicerna lebih lambat oleh tubuh.Selain itu, gula darah dalam tubuh juga akan lebih terkontrol. Oleh sebab itu, jagung juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes sebagai pengganti nasi. 

Ubi

Ubi merupakan salah satu sumber energi karena mengandung zat besi dan magnesium yang bermanfaat meningkatkan energi tubuh. Pada 1 porsi (100 gram) ubi, setara 21 gram karbohidrat dan 3.3 gram di antaranya adalah serat, lho! Selain itu, ubi juga mengandung vitamin A, C, dan B6 yang dapat mencukupi nutrisi Anda.Ubi memiliki indeks glikemik rendah sehingga baik bagi Anda yang ingin mengurangi gula. 

Selada

Selada adalah salah satu sayuran hijau yang cocok untuk dijadikan menu diet sehat sebab selada merupakan sayuran berkalori rendah dan mengandung karbohidrat. Pada 1 porsi (47 gram) selada, terdapat 2 gram karbohidrat dan 1 gram di antaranya adalah serat. Selain itu, selada kaya akan folat yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan juga mengandung vitamin A, C, dan K. Santap selada romaine dan selada keriting hijaudengan salad dressing favorit Anda! 

Buncis

Buncis merupakan salah satu sayur yang dapat diperhitungkan dalam mengganti nasi. Dalam 1 porsi (125 gram) buncis mengandung 10 gram karbohidrat dan 4 gram di antaranya adalah serat. Selain ubi dan jagung, buncis juga dikenal memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah. Di samping itu, buncis mengandung klorofil yang dapat menghambat efek karsinogenik pada jenis makanan yang dipanggang. Ini artinya, jika Anda ingin mengonsumsi daging steak, selalu sertakan buncis sebagai sayur yang dapat mengurangi risiko timbulnya kanker. 

Nah, jangan ragu menjadikan sayur sebagai pengganti kebutuhan karbohidrat harian Anda ya! Tentu sayur yang dikonsumsi haruslah sayur bebas pestisida Enatura agar nutrisi yang didapat akan lebih maksimal. Jangan lupa lengkapi pula sumber energi Anda dengan Madu Organik Hutan Kapuas Hulu. Semoga resolusi sehat dan berat badan ideal di tahun 2019 ini dapat Anda capai, semangat sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *