Fakta atau Mitos: Mencukur Habis Rambut Agar Rambut Tumbuh Sehat

Akhir-akhir ini banyak selebritis dunia yang mencukur habis rambutnya, seperti Katy Perry, Cara Delevigne, Kristen Steward, sampai Kate Hudson. Selain membuatnya menjadi tren, hal ini juga menimbulkan pertanyaan dalam benak kita, “Apakah rambut mereka akan tumbuh lebih sehat dan indah dari sebelumnya?”

Selama ini kita percaya bahwa rambut yang rusak, baik akibat dari pemakaian cat rambut yang berlebihan sampai rambut kering akibat sinar matahari dapat tumbuh lebih sehat jika kita mencukur habis rambut kita. Namun, apakah itu fakta atau sekedar mitos?

Neil Sadick, ahli dermatologi yang berbasis di New York, mengatakan bahwa itu adalah mitos belaka. Mencukur kepala Anda akan membantu menghilangkan rambut rusak yang telah terkena styling atau pewarnaan. Namun, mencukur rambut tidak akan mempengaruhi batang rambut atau siklus pertumbuhan rambut.

Lebih jauh lagi, Nicole Rogers,seorang dokter bedah kulit dan transplantasi rambut di Metairie, Louisiana juga mengatakan rambut baru yang tumbuh setelah dicukur akan tumbuh sama tidak sehatnya jika kita merawatnya dengan cara yang sama sebelum rambut dicukur. Ia menyarankan untuk mengurangi penggunaan bahan kimia pada rambut Anda seperti pemutih, relaxer, dan pewarna rambut agar terlihat lebih sehat. Sebagai gantinya, fokuskan untuk  menambah kelembaban rambut setiap hari.

Susunan tubuh dan sel tubuh Anda menentukan kualitas rambut Anda. Menurut Lucinda Ellery, seorang spesialis rambut rontok, kerusakan rambut juga terjadi karena pengaruh emosional akibat stres, kecemasan, dan kekurangan nutrisi di dalam tubuh. Akan tetapi mencukur rambut Anda tidak akan membuatnya menjadi lebih baik atau lebih sehat.

Jadi daripada kita mencukur habis rambut kita, lebih baik rambut dirawat sebaik mungkin dengan mengurangi penggunaan bahan kimia, keramas secara teratur, serta menggunakan kondisioner untuk menjaga kelembabannyat. Jangan lupa mengkonsumsi nutrisi yang cukup juga dapat membantu menyehatkan rambut kita. Nah, mari jaga kesehatan rambut Anda, karena rambut adalah mahkota kita.

Sumber : https://www.allure.com/story/should-i-shave-my-head-hair-grow-back-healthier

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *